Puteri Junjung Buih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maharatu Puteri Junjung/Poetrie Djoendjoeng Boeih/ Poetri Djoendjoeng Boewih Buih
Maharatu Negara Dipa III 1460–1470 Putri Junjung Buyah
Lukisan Maharatu negara dipa.
Lukisan Maharatu negara dipa.
Maharatu Negara Dipa III
PendahuluLambung Mangkurat
PenerusPangeran Suryanata
Informasi pribadi
KelahiranPuteri Junjung Buih
Nama lengkap
Maharatu Negara Dipa Puteri Junjung Buih
Nama takhta
Maharatu Negara Dipa
Pasangan
Anak1.Maharaja Suryaganggawangsa 2.Pangeran Suryawangsa
AgamaSiwa-Buddha Kaharingan


Puteri Junjung Buih atau Poetrie Djoendjoeng Boeih atau Poetri Djoendjoeng Boewih merupakan seorang Puteri Raja dari Kerajaan Negara Dipa yang termuat dalam Hikayat Banjar. Puteri ini berasal dari unsur etnis pribumi Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan sehingga banyak kerajaan-kerajaan Banjar biasanya mengaku masih berkaitan dengan keturunan puteri Junjung Buih.

Di ceritakan Puteri Junjung Buih merupakan anak dari Ngabehi Hileer[1] dan menjadi saudara angkat Patih Lambung Mangkurat yang dipertemukan ketika melakukan kegiatan "balampah" (bahasa Banjar: bertapa) sebagai wanita dewasa dari dalam kumpulan buih di sungai.

Raja kemudian menikahkan Junjung Buih dengan Pangeran Suryanata dari Majapahit. Hikayat Banjar menampilkan 2 versi silsilah Raja-raja banjar. Hikayat Banjar resensi II menyebutkan salah seorang anak Putri junjung Buih yaitu Pangeran Aria Dewangga menikah dengan Putri Kabuwaringin, puteri dari Lambung Mangkurat (unsur pendiri negeri). Kemudian, mereka berdua yang menurunkan raja-raja dari Kerajaan Negara Dipa, Kerajaan Negara Daha hingga Kesultanan Banjar dan Kepangeranan Kotawaringin.[2][3][4]

Legenda[sunting | sunting sumber]

Menurut mitologi rakyat pesisir Kalimantan seorang raja haruslah keturunan raja puteri ini sehingga raja-raja Kalimantan Selatan mengaku sebagai keturunan Puteri Junjung Buih. Beberapa kerajaan di Kalimantan Barat juga mengaku sebagai keturunan Puteri Junjung Buih.[5]

Dalam tradisi Kerajaan Kutai, Putri Junjung Buih/Putri Junjung Buyah merupakan isteri kedua dari Aji Batara Agung Dewa Sakti Raja Kutai Kartanegara ke-1.

Drg Marthin Bayer mengemukakan bahwa Puteri Junjung Buih sama dengan Kameluh Putak Bulau Janjulen Karangan Limut Batu Kamasan Tambun yang dikenal dalam masyarakat Dayak. Puteri Lela Menchanai yang berasal dari Jawa (tahun 1524), adalah permaisuri Sultan Bolkiah dari Brunei menurut legenda suku Kedayan dipercaya berasal dari buih lautan (mirip cerita Putri Junjung Buih yang keluar dari buih di sungai).

Dalam Perang Banjar, salah seorang puteri dari Panembahan Muda Aling yang bernama Saranti diberi gelar Poetri Djoendjoeng Boewih.[6]

silsilah[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini adalah kutipan matan Hikayat Banjar:

Maka Raden Suryaganggawangsa manjadi raja sarta didudus di padudusan, mamakai mahkota nang gugur dari udara itu; bardudus saparti astilah dahulu itu jua. Maka restulah Raden Suryaganggawangsa manjadi raja. Karajaan, sagala parintah astilah takhta karajaan itu, tiada barsalahan saparti takhta astilah Maharaja Suryanata itu. Alkisah maka tarsabutlah parkataan Maharaja Suryanata itu manjadi raja balum baristri. Maka sagala urang nang ampat puluh parampuan nang barbuat tapih langgundi jadi parakan Maharaja Suryanata itu sama dimantukkan pada ibu bapanya, nang mati ibu bapanya pada kaluarganya, sarta diparsalinnya sarta dangan parkakas isi rumahnya, dianugerahi ulih Maharaja Suryaganggawangsa itu. Yang handak barsuami diparsuamikan itu. Banyak tiada tarsabutkan. Maka Maharaja Suryaganggawangsa itu tiap-tiap hari Sabtu dihadap sagala manteri di sitilohor itu. Yang jadi mangkubumi Lambu Mangkurat nang mamarintah sakalian di luar di dalam istana raja itu. Akan panganan Aria Magatsari, akan pangiwa Tumanggung Tatah Jiwa. Kaduanya itu mamarintah nang di luar. Yang di bawahnya itu Patih Baras, Patih Pasi, Patih Luhu, Patih Dulu manteri ampat itu akan jaksa. Di bawahnya itu Sang Panimba Sagara, Sang Pangaruntun Manau, Sang Pambalah Batung, Sang Jampang Sasak; itu manteri bumi. Di bawahnya itu manteri ampat puluh, itu manteri sikap, sama mamegang kuasa saratus-saratus sa'urang sa'urang itu. Banyak tiada lagi tarsabut. Takhta parintah, takhta pakaian urang itu saparti adat Majapahit itu. Suka ramai dan makmur nageri itu; dagang pun banyak datang, pakai-pakaian makan-makanan sarba murah. Tetapi raja itu balum baristri.

Leluhur Raja Raja Silsilah[sunting | sunting sumber]

Silsilah menurut naskah Cerita Turunan Raja-raja Banjar dan Kotawaringin yang disebut Hikayat Banjar resensi 1.

Saudagar Jantan[7]

↓ (berputra)

Saudagar Mangkubumi x Sita Rara

↓ (berputra)

Raja Negara Dipa I: Ampu Jatmaka (anak angkat Raja Kuripan) x Sari Manguntu

↓ (berputra)

Raja Negara Dipa II: Lambu Mangkurat (saudara angkat Puteri Junjung Buih) x Dayang Diparaja binti Aria Malingkun dari Tangga Ulin

↓ (berputra)

Puteri Huripan x Raja Negara Dipa V: Maharaja Suryaganggawangsa bin Raja Negara Dipa IV: Pangeran Suryanata (suami dari Raja Negara Dipa III: Puteri Junjung Buih)

↓ (berputra)

Puteri Kalarang (cucu Puteri Junjung Buih) x Pangeran Suryawangsa (adik Maharaja Suryaganggawangsa )

↓ (berputra)

Raja Negara Dipa VI: Maharaja Carang Lalean (cucu Puteri Junjung Buih) x Raja Negara Dipa VII: Putri Kalungsu (adik Puteri Kalarang)

↓ (berputra)

Raja Negara Daha I: Raden Sekar Sungsang /Ki Mas Lelana/ /Raden Sari Kaburungan/ Maharaja Sari Kaburungan/ Panji Agung Rama Nata

↓ (berputra)

Raja Negara Daha II: Maharaja Sukarama (Pangeran Sukarama)

↓ (berputra)
  1. Raja Negara Daha III: Maharaja Mangkubumi (Raden Paksa)
  2. Raja Negara Daha IV: Pangeran Tumenggung (Raden Panjang)
  3. Pangeran Bagalung (Raden Bali), penguasa Berangas.
  4. Pangeran Jaya Dewa (Raden Mambang)
  5. Ratu Intan Sari /Ratu Galuh Baranakan, ibu Sultan Suryanullah alias Suriansyah dari Banjar.
Didahului oleh:
Lambung Mangkurat
Raja Negara Dipa III
14601470
Diteruskan oleh:
Maharaja Suryanata

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Poetri Djoendjoeng Boewih (Belanda) Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (1866). Notulen van de Directievergaderingen van het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. hlm. 148. 
  2. ^ Poetri Djoendjoeng Boeih (Belanda) (1860)Tijdschrift voor Indische taal-, land- en volkenkunde. Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. hlm. 94. 
  3. ^ Poetri Djoendjoeng Boeih (Belanda) (1867)De tijdspiegel. Fuhri. hlm. 152. 
  4. ^ Putri Junjung Buih (Inggris) R. Soekmono (1995). The Javanese Candi: function and meaning. Volume 17. Studies in Asian art and archaeology. BRILL. hlm. 19. ISBN 9004102159. ISBN 978-90-04-10215-6
  5. ^ Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, Lembaga Kebudajaan Indonesia (1862). "Tijdschrift voor Indische taal-, land-, en volkenkunde". 11. Lange & Co.: 2. 
  6. ^ Poetri Djoendjoeng Boewih (Belanda) Rees, Willem Adriaan (1865). De bandjermasinsche krijg van 1859-1863. D. A. Thieme. hlm. 44. 
  7. ^ http://sinarbulannews.files.wordpress.com/2011/01/silsilah-sultan-adam.jpg