Pulau Umatsiteut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Umatsiteut
Koordinat02°01′19″LS,99°36′42″BT
NegaraIndonesia Indonesia
ProvinsiSumatera Barat Sumatera Barat
KabupatenKepulauan Mentawai
Populasi0
Peta

Pulau Umatsiteut merupakan salah satu pulau yang berada di Samudra Hindia. Pulau ini berada di sisi barat Pulau Sumatra. Pulau ini termasuk ke dalam salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Mentawai. Lokasinya tidak jauh dari Pulau Sipora.

Secara administrasi, Pulau Umatsiteut terletak di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Direktorat Pemberdayaan Pulau-Pulau Kecil, Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan, nama pulau ini diketahui Bukku' Umatsiteut.[1]

Namun, setelah dilakukan verifikasi oleh instansi terkait, nama pulau itu adalah Pulau Umatsiteut. Kata Umatsiteut yang digunakan sebagai nama pulau berasal dari bahasa daerah setempat yang memiliki arti tempat monyet.[1]

Pulau Umatsiteut termasuk ke dalam salah satu pulau yang tidak berpenduduk di Sumatera Barat.[1] Secara umum, pulau ini memiliki topografi datar dengan pantai berpasir putih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (2009). Direktori Pulau di Provinsi Sumatera Barat. Padang: Direktorat Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil. hlm. 134. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]