Pulau Saxemberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Saxemberg di Samudera Atlantik
Pulau Saxemberg
Pulau Saxemberg
Lokasi pulau Saxemberg yang dipercayai terletak di Atlantik Selatan.

Pulau Saxemberg adalah pulau hantu yang diyakini lokasinya terletak di Atlantik bagian Selatan. Pulau ini muncul di peta pada abad ke-17 dan kemudian dihapus dari peta pada abad ke-19.

Saxemberg dilaporkan ditemukan oleh pelaut Belanda bernama John Lindestz Lindeman pada tahun 1670. Lindeman melaporkan koordinat pulau itu adalah 30° 45'S 19 °40′W. Lindeman kemudian membuat sketsa untuk menggambarkan pulau tersebut sebagai dataran rendah dengan gunung yang agak runcing di tengah. Sketsa-sketsa lain tentang kepenulisan yang tidak dikenal, menyajikan pandangan yang lebih rinci tentang Saxemberg. Seorang Jenderal bernama Alexander Beatson yang merupakan penduduk St Helena melaporkan bahwa ia memiliki gambar pulau tersebut yang menggambarkan berbagai bentuk kehidupan tanaman disana.

Terlepas dari laporan asli Lindeman, banyak pelaut yang tampaknya tidak dapat menemukan pulau itu yang koordinatnya sudah ditentukan oleh Lindeman. Tampaknya ada beberapa keraguan tentang keberadaan Saxemberg, dan pulau itu tidak selalu digambarkan dalam grafik. Pengamatan berikutnya tentang Saxemberg dilakukan pada tahun 1804, ketika Kapten Galloway dari kapal Amerika Fanny melaporkan bahwa ia melihat pulau itu dan menjaganya agar tetap terlihat selama empat jam. Galloway mengamati bahwa pulau itu memang memiliki puncak di tengah, seperti dilansir Lindeman. Pada tahun 1816, Kapten Kepala True Briton menemukan pulau itu dan terus memperhatikan pulau tersebut selama enam jam.

Seorang penjelajah asal Britania Raya, Matthew Flinders yang dikenal sebagai seorang penjelajah asal Australia berusaha untuk menemukan pulau Saxemberg selama pelayarannya di kapal Investigator pada bulan September 1801.[1] Flinders menyimpulkan dalam bukunya, A Voyage to Terra Australis bahwa Saxemberg keberadaanya tidak ada atau tidak jelas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ brilio.net. "9 Pulau ini dijuluki 'Pulau Hantu' karena keberadaannya yang misterius". brilio.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-13.