Pulau Ogoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ogoy
остров Огой
Geografi
LokasiDanau Baikal
Titik tertinggi512 m
Pemerintahan
NegaraRussia

Ogoy (bahasa Rusia: Ого́й dari Buryat: Уhагγй - tanpa air) adalah pulau terbesar di selat Maloe More di Danau Baikal. Pulau ini berbentuk memanjang, dengan panjang 2,9 km (1,8 mi) dan lebar 0,6 km (0,37 mi). Pulau ini terletak di antara Tanjung Shara-Shulun di pantai barat Pulau Olkhon dan Teluk Kurminskiy di pantai barat Danau Baikal. Pulau ini tidak berpenghuni.

Satwa liar dan vegetasi[sunting | sunting sumber]

Vegetasinya langka, terutama diwakili oleh rerumputan dan semak-semak yang tumbuh rendah. Di bagian tengah terluas pulau itu, pohon larch yang khas tumbuh. Satwa liar diwakili oleh tupai tanah, pika, ular. Burung lark dan camar haring bersarang di sana.

Tempat-tempat menarik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, di titik tertinggi pulau, Stupa Pencerahan Buddhis didedikasikan untuk Dakini Tröma Nagmo[1] dibangun atas inisiatif Pusat Buddhis Moskow. Stupa ini secara signifikan meningkatkan arus wisatawan ke pulau itu. Pada musim panas, pesiar melalui kapal diadakan dan pada musim dingin, melalui transportasi mobil di es.

Menurut perwakilan dari Institut Fisiologi dan Biokimia Tanaman Siberia, peningkatan arus wisatawan dapat merusak flora dan fauna pulau.[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sebuah yidam Buddhis Tibet Vajrayana ditemukan dalam silsilah Chöd
  2. ^ "SIFIBR RAS scientific expedition of revegetation around the Buddhist stupa on the island Ogoy (Olkhon district) ended this week" (dalam bahasa Russian). baikaliya.info. Diakses tanggal 2015-11-01. 

Koordinat: 53°7′43″N 106°59′56″E / 53.12861°N 106.99889°E / 53.12861; 106.99889