Pulau Misool

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Letak Pulau Misool di Papua Barat

Pulau Misool adalah salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, Indonesia . Luas wilayahnya 2.034 km². Titik tertinggi adalah 535 m dan kota utama adalah Waigama dan memiliki kordinat 1 ° 53'41 "S 130 ° 5'1" E. Pulau Misool berada di distrik Misool, Kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat.

Pulau misool ini berbatasan langsung dengan Laut Seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat dan dekat dengan kota sorong . Misool terbagi atas dua bagian yaitu misool timur selatan dan misool barat. Daerah ini terkenal juga dengan keanekaragaman budaya, adat, laut dan darat.

Pulau misool termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti paus dan gurita.[1]

Pulau Misool juga terdapat potensi tambang batubara sekitar 7,222 juta ton.

Laguna Hati[sunting | sunting sumber]

Laguna adalah sebuah danau air asin yang letaknya biasanya bersebelahan dengan lautan dan terbentuk secara alami oleh air laut. Dikelilingi rimbunnya  pepohonan hijau yang tumbuh di atas batuan karst membuat Love Lagoon atau Laguna Hati semakin memikat hati.

Ada dua rute yang bisa kamu lalui kalau kamu mau mengunjungi Laguna Hati ini, kamu bisa berangkat melalui Sorong atau Waisai. Kalau kamu berangkat melalui Sorong, kamu bisa menggunakan kapal reguler KM Marina Express yang berangkat dari Sorong menuju Misol dan Maluku Utara.

Tapi kalau kamu berangkat melalui Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat maka kamu harus menyewa speedboat dengan kapasitas besar. Ini dikarenakan rute Waisai - Misool cukup jauh dan melewati lautan. Ada tiga pelabuhan di Misool, Pelabuhan Folley, Yellu dan Fafanlap yang jarak ketiganya ini relatif berdekatan. Kalau kamu memilih untuk menginap di tempat ini maka kamu bisa memilih pelabuhan yang jaraknya paling dekat dengan resort yang sudah kamu pesan sebelumnya.

Tapi kalau tidak kamu bisa turun di pelabuhan yang mana saja menuju jalan setapak yang akan kamu lalui menuju puncak bukit.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Keindahan Pulau Misool". 20 August 2012. 
  2. ^ "Simbol Cinta Sempurna Misool Yang Memikat Dunia". Kabar Wisata. 2021-02-28. Diakses tanggal 2021-12-15. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Rusmana, E., dkk, 1993, Peta Geologi Pulau Misool, Irian Jaya, Puslitbang Geologi Bandung.