Pulau Mago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Citra satelit NASA Geocover 2000
Pemandangan orang-orang yang memuat tebu di ladang Mago pada tahun 1884.

Pulau Mago (diucapkan [ˈmaŋo]) adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di sektor barat laut Kepulauan Lau, utara Fiji. Salah satu pulau pribadi terbesar di barat daya Samudra Pasifik, pulau yang masih asli memiliki luas 22 kilometer persegi (8,5 sq mi). Pulau ini dimiliki secara pribadi oleh aktor/sutradara Mel Gibson.

Mago terletak 166 mil ibukota Fiji Suva dan 14 mil (23 km) SW dari pulau kecil Namalata, dekat Vanua Balavu, di mana keturunan penduduk Mago asli masih tinggal. Pulau Mago saat ini relatif belum berkembang dan hanya dihuni oleh beberapa penjaga keturunan Indo-Fiji.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama tahun 1860-an, perkebunan kapas yang didirikan oleh Ryder bersaudara dari Australia tumbuh subur di sana. Pada tahun 1884 ada perkebunan tebu dan pabrik gula di pulau itu.[1] Pabrik ditutup pada tahun 1895 dan dibongkar serta digunakan untuk memperbesar Pabrik Penang di Ra.[2] Ryders digantikan oleh keluarga Borron.

Pada awal tahun 2005 Pulau Mago dibeli oleh aktor/sutradara Hollywood Mel Gibson seharga $15 juta dari Tokyu Corporation Jepang. Keturunan penduduk asli Mago, yang mengungsi pada tahun 1860-an, memprotes pembelian Gibson.[3]

Citra satelit pulau yang berasal dari tahun 2008 menunjukkan landasan udara tanah sepanjang 1.100 meter. Tidak ada pelabuhan di pulau itu; dermaga batu pendek terletak di sisi utara pulau. Hanya ada satu desa yang diatur secara longgar di pulau yang penampilannya lebih menunjukkan sebuah resor. Pertanian hanya terdiri dari beberapa bidang kecil.

Sebuah episode dari sitkom NBC 30 Rock berjudul "Operation Righteous Cowboy Lightning" (Musim 5, Episode 12) menampilkan cerita tentang bencana di pulau itu. Jack Donaghy, yang diperankan oleh Alec Baldwin, memutuskan untuk menayangkan telethon yang telah direkam sebelumnya untuk memberi manfaat bagi para korban bencana. Namun, Donaghy terkejut mengetahui bahwa satu-satunya "korban" bencana tersebut adalah Mel Gibson dan tamunya, Jon Gosselin.

Referensi[sunting | sunting sumber]