Namalata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Desa Namalata

Namalata adalah sebuah desa dan pulau di Fiji. Terletak di bagian selatan kelompok pulau Vanua Balavu, bagian dari Kepulauan Lau Fiji. Desa ini bagian dari desa Lomaloma yang lebih besar.

Orang-orang Namalata merupakan keturunan dari penduduk asli Pulau Mago yang kemudian mengungsi pada abad kesembilan belas. Kepala Desa Namalata adalah Tui Mago.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan abad ke-19, dua pemimpin dominan Fiji saat itu, Vunivalu dari Bau (Seru Epenisa Cakobau) dan Tui Cakau diancam oleh panglima perang Tonga, Enele Ma'afu. Mereka meminta bantuan orang Namalata ketika Ma'afu berada di Lomaloma, Vanua Balavu, karena mereka dapat memberikan informasi tentang pergerakan Tonga.

Pulau Mago kemudian diberikan kepada orang Eropa untuk memperlambat kemajuan Ma'afu ke Fiji, karena ancaman pembalasan dari tanah air masing-masing menghalanginya untuk menyerang orang Eropa. Ketika Fiji diserahkan ke Inggris pada tahun 1874, mereka yang menduduki pulau itu terdaftar sebagai pemilik yang sah, sehingga orang-orang Namalata terusir. Pulau Mago sekarang dimiliki oleh aktor dan sutradara film Mel Gibson.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Derrick, Ronald Albert; The Fiji Islands, a Geographical Handbook, published 1957 Govt. Press, Original from the University of Michigan, Digitized July 1, 2006. Contains basic details on Namalata.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 17°20′10″S 178°59′05″W / 17.33611°S 178.98472°W / -17.33611; -178.98472