Pueblo Sin Fronteras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pueblo Sin Fronteras
("Desa Tanpa Batas")
DidirikanAwal 2000-an
Wilayah layananAmerika Utara
Bahasa resmiSpanyol, Inggris
PemimpinIrineo Mujica
Situs webpueblosinfronteras.org

Pueblo Sin Fronteras (Desa Tanpa Batas) adalah sebuah kelompok hak-hak imigrasi yang terkenal karena mengatur beberapa karavan migran di Meksiko dan Amerika Tengah. Upaya organisasi ini untuk memfasilitasi imigrasi dan seruan untuk membuka perbatasan menarik sejumlah besar liputan di Meksiko dan media Amerika.[1]

Gerakan[sunting | sunting sumber]

Pueblo Sin Fronteras dibentuk pada awal tahun 2000-an. Organisasi ini membangun tempat penampungan untuk pengungsi di sepanjang perjalanan ke utara dari Meksiko ke perbatasan Amerika Serikat dan memberikan bantuan hukum untuk mereka.[2]

Organisasi ini terkenal karena telah mengkoordinasikan beberapa karavan imigran yang banyak diliput pada bulan April dan Oktober 2018.[3] Karavan-karavan migran ini, yang melakukan perjalanan dari Amerika Tengah ke Meksiko, menjadi topik dari liputan media yang luas.[4] Tidak seperti karavan pada April, karavan pada Oktober tidak diorganisasikan secara langsung oleh Pueblo Sin Fronteras, melainkan gerakan akar rumput, dengan organisasi ini menawarkan sebatas dukungan logistik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Part 2: Massive caravan of illegal aliens lists demands to U.S. (videos, photos)". dmlnews.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-22. 
  2. ^ "Home". www.pueblosinfronteras.org. Diakses tanggal 2018-10-22. 
  3. ^ "Who is behind the migrant caravan that drew Trump's ire on Twitter?". NBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-22. 
  4. ^ "As migrant caravan continues north, some debate staying or moving forward". NBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-23.