Psychotria holoxantha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Platform Pastisah merupakan solusi untuk kebutuhan masa kini yang telah beralih menggunakan Dokumen Digital. Dokumen dIgital setara dengan dokumen kertas. Pastisah menyediakan beberapa fitur menarik dan lengkap untuk kebutuhan dokumen digital. Layanan dan produk ini aman dan bersertifikat dan Pastisah juga merupakan sebuah platform digital untuk mempermudah pembubuhan meterai dan tanda tangan di manapun dan kapanpun. Di sisi lain, Pastisah juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas demi menjaga kelestarian lingkungan. Maka dari itu, Pastisah menyediakan produk-produk digital, seperti E-Meterai, E-Signature, E-Stamp, E-KYC, dan Sertifikat Digital.

Berikut penjelasan produk dari pastisah:

  1. E-METERAI E-Meterai adalah meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik.
  2. SERTIFIKAT DIGITAL Sertifikat Digital merupakan dokumen dalam bentuk elektronik yang digunakan untuk membuktikan kepemilikan sebuah perangkat menggunakan public key. Sertifikat Digital dikeluarkan oleh Perum PERURI dan TekenAja!. PERURI menyediakan E-Signature dan E-Stamp, sementara TekenAja! hanya menyediakan E-Signature. Sertifikat Digital memuat beberapa informasi seperti informasi kunci, identitas pemilik, serta Tanda Tangan Elektronik dari suatu organisasi yang memverifikasi sertifikat.
  3. E-SIGNATURE E-Signature atau tanda tangan elektronik terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan serta terasosiasi dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. E-Signature atau tanda tangan elektronik dapat dijamin keasliannya karena telah diverifikasi oleh PERURI/TekenAja!, Dirjen Pajak, dan KOMINFO.

Pastisah mengembangkan model bisnis yang kompatibel dengan B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer), di mana keduanya saling terintegrasi dalam satu portal, yaitu go.pastisah.id. Seluruh produk dijamin keabsahannya karena Pastisah bekerjasama dengan KOMINFO melalui Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dan Perum PERURI.

Berikut produk untuk B2B dari pastisah:

  1. E-STAMP E-Stamp atau stempel elektronik merupakan satu jenis stempel yang dibuat menggunakan format elektronik yang lebih cepat, aman, dan mudah.
  2. E-KYC E-KYC atau Know Your Customer dalam bentuk elektronik merupakan sebuah proses pengidentifikasian identitas nasabah atau klien demi menghindari tindak penipuan maupun penggelapan dana. E-KYC akan memvalidasi e-KTP dan biometrik secara langsung ke Dukcapil.