Proyek Arcade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Proyek Arcade (Inggris: Arcades Project; Jerman: Pessegenwerk) merupakan literasi mengenai kritik budaya yang ditulis oleh Benjamin Walter dengan latar belakang kota Paris. Proyek ini dimulai sejak tahun 1927 hingga 1940, dan tidak pernah selesai hingga kematian Benjamin.[1] Sebuah tulisan legendaris dari abad 19 yang berfokus pada deretan bangunan dengan beratapkan kaca disepanjang area pejalan kaki yang disebut sebagai "gang beratap" (dalam bahasa Prancis disebut sebagai Passages couverts de Paris).

Gambaran Umum[sunting | sunting sumber]

Benjamin Walter menulis sebuah proyek yang menggambarkan hubungan antara dia dengan kota Paris. Fokus tulisan yang merujuk pada sebuah kata arcade yaitu bangunan yang umum dijumpai pada abad 19 di Paris. Arcade merujuk pada sebuah gaya arsitektur yang terdiri dari serangkaian lengkungan yang diapit oleh pilar-pilar penyangga.[2] Pada saat itu, bangunan arcade di Paris merupakan arena perbelanjaan tertutup beratapkan besi dan kaca yang diapit oleh pertokoan hingga tempat minum teh di kedua sisinya. Bagi Benjamin, bangunan arcade Paris merupakan bangunan penting dalam sejarah abad ke-19 yang menjadi simbol transisi budaya masyarakat dari produksi ke konsumsi.

Menurut pandangannya, abad 20 telah hidup dibawah bayang-bayang mimpi abad 19. Phantasmagoria adalah istilah yang dipilih oleh Benjamin untuk menyatakan pikirannya bahwa masyarakat telah hidup dalam sebuah manipulasi yang dibuat oleh industri. Dalam refleksi intelektualnya, arcade merupakan tempat impian di produksi. Layaknya sebuah pabrik, arcade adalah industri yang menampilkan barang dagangan pada bingkai-bingkai kaca di sepanjang pertokoan, sementara di belakangnya pabrik terus meluncurkan hal-hal baru. Lewat tulisannya, Benjamin ingin membebaskan pikiran para pembacanya dari cengkraman pikiran manipulasi industri.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coetzee, J. M. (2001-01-20). "The evolution of Walter Benjamin's masterpiece". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-06. 
  2. ^ "arcade (Arsitektur) - Mimir Kamus". mimirbook.com. Diakses tanggal 2020-05-06. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Muschamp, Herbert (16 Januari 2000). "ART/ARCHITECTURE; The Passages of Paris And of Benjamin's Mind". The New York Times. Diakses tanggal 6 Mei 2020.