Provinsi Brandenburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Provinz Brandenburg)

Provinsi Brandenburg ( Jerman: Provinz Brandenburg) adalah sebuah provinsi dari wilayah Prusia yang berdiri dari tahun 1815 hingga 1945. Provinsi Brandenburg sendiri awalnya didirikan pada tahun 1815 dari wilayah inti Kerajaan Prusia, yang terdiri dari sebagian besar wilayah historis Margraviasi Brandenburg yang (tidak termasuk wilayah Altmark ) dan wilayah Lusatia Bawah, dan kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Jerman pada tahun 1871. Dari tahun 1918, Brandenburg adalah sebuah provinsi Negara Bebas Prusia sampai dibubarkannya negara Prusia pada tahun 1945 ketika berakhirnya Perang Dunia II, dan digantikan dengan wilayah yang dikurangi bernama Negara Bagian Brandenburg di Jerman Timur, yang kemudian dibubarkan juga pada tahun 1952. Setelah reunifikasi Jerman terjadi pada tahun 1990, Brandenburg didirikan kembali sebagai negara federal Jerman, menjadi salah satu negara bagian baru disitu.

Ibu kota provinsi Brandenburg sendiri berganti-ganti diantara kota Potsdam, kota Berlin, dan kota Charlottenburg selama Provinsi tersebut berdiri.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Provinsi ini terdiri dari sebagian besar Dataran Jerman Utara, membentang dari Sungai Elbe di perbatasan Barat Provinsi ini hingga melewati wilayah Oder di perbatasan Timur Provinsi, di mana wilayah Neumark berbatasan dengan Kadipaten Agung Posen Prusia ( Provinsi Posen dari tahun 1848). Provinsi tetangga lainnya adalah Provinsi Pomerania di arah Timur Laut, Provinsi Silesia di Tenggara, dan Saxony Prusia di Barat Daya. Provinsi Brandenburg juga berbagi perbatasan bersama dengan Kadipaten Mecklenburg-Schwerin dan Mecklenburg-Strelitz di Barat Laut serta dengan Anhalt di perbatasan wilayah Barat.

Diluar wilayah Sungai Elbe dan Oder, Provinsi ini mencakup banyak wilayah cekungan Spree dan Havel. Kota-kota terbesarnya adalah kota Berlin, berlokasi di tengah-tengah Provinsi bersama dengan wilayah pendukung yaitu Spandau, Charlottenburg, Schöneberg dan Neukölln. Kota yang lebih besar yaitu karesidenan Potsdam dan ibukota regional Frankfurt (Oder), lebih jauh lagi kota Landsberg (sekarang kota Gorzów Wielkopolski) di perbatasan Timur, ibukota historis yaitu kota Brandenburg an der Havel juga kota Cottbus, kota Forst dan kota Guben (Gubin) di wilayah Lusatia Bawah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Suku awal yang tercatat menghuni Brandenburg adalah suku Jermanik bernama Suebi. Selama terjadinya Masa Migrasi, suku ini dilanjutkan oleh suku Slavia Polabia, yang memiliki benteng di Brandenburg an der Havel akhirnya ditaklukkan oleh seorang Raja Jerman bernama Henry si pemburu burung pada tahun 928/29. Henry menaklukkan suku-suku Slavia hingga sungai Oder dan anaknya, Otto I mendirikan marca Geronis di wilayahnya, dengan pemerintahannya pertama diberikan kepada bangsawan Saxon pangeran Gero.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]