Proses perdamaian Myanmar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Peta yang menampilkan zona-zona konflik saat ini di Myanmar.

Proses perdamaian Myanmar merujuk kepada diskusi-diskusi pimpinan negara tersebut yang ditujukan untuk meredam konflik bersenjata internal yang timbul di Myanmar sejak sebelum negara tersebut merdeka dari Inggris pada 1948.[1] Kebanyakan peristiwa yang dilakukan dikaitkan dengan ketegangan terkait perlakuan sejumlah etnis minoritas berbeda.[2] Konflik tersebut melibatkan pemerintah dan militer Myanmar (Tatmadaw), dan 16 etnis minoritas bersenjata di Myanmar.[3] Pada tahun-tahun terkini, ketegangan antara pemerintah dan militer Myanmar meningkat, dengan militer masih memegang posisi sebagai unsur politik paling berkuasa di Myanmar.[4]

Sejak Liga Demokrasi Nasional berkuasa pada 2015 di bawah kepemimpinan Aung San Suu Kyi, proses perdamaian dijadikan sebagai prioritas besar pemerintah untuk mengakhiri konflik.[5] Proses perdamaian enjadi aspek penting transisi negara tersebut menuju demokrasi, dan terlibat dalam negosiasi di kalangan kelompok etnis bersenjata berbeda, Tatmadaw, dan pemerintah, yang berpuncak pada acara-acara seperti Konferensi Perdamaiaan Panglong, dan Perjanjian Gencatan senjata Nasional. Dr. Sai Oo dari Insittut Pyidaungsu menyatakan bahwa proses perdamaian, dan jalan menuju perdamaian di Myanmar, tak akan berjalan halus.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paode A. "Why Myanmar's New Peace Process Is Failing". The Diplomat (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-05. 
  2. ^ Administrator. "Historical legacy". www.mmpeacemonitor.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-06. 
  3. ^ hermesauto (2015-10-15). "Myanmar signs ceasefire accord with eight of 16 ethnic armed groups". The Straits Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-14. 
  4. ^ "The struggles of Myanmar's peace process". www.aljazeera.com. Diakses tanggal 2018-09-06. 
  5. ^ "The struggles of Myanmar's peace process". www.aljazeera.com. Diakses tanggal 2018-10-04. 
  6. ^ "Interview: Second Peace Conference in Myanmar - Myanmar". ReliefWeb (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-29.