Propil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam kimia organik, propil adalah substituen alkil tiga karbon dengan rumus kimia – CH 2CH 2CH 3untuk bentuk linier. Bentuk substituen ini diperoleh dengan menghilangkan satu atom hidrogen yang terikat pada karbon terminal propana. Substituen propil sering direpresentasikan dalam kimia organik dengan simbol Pr (jangan dikelirukan dengan elemen praseodymium).


Dari kiri ke kanan: dua gugus isomer propil dan 1-metiletil (iPr atau isopropil), dan gugus siklopropil non-isomer. Sebuah isomer bentuk propil diperoleh dengan memindahkan titik lampiran dari sebuah atom karbon terminal pada atom karbon tengah, bernama 1-metiletil atau isopropil. Untuk mempertahankan empat substituen pada setiap atom karbon, satu atom hidrogen harus dipindahkan dari atom karbon tengah ke atom karbon yang berfungsi sebagai titik perlekatan pada varian n- propil, ditulis sebagai – CH(CH 3) 2.

Propil linier kadang-kadang disebut normal dan karenanya ditulis dengan awalan n - (yaitu, n- propil), karena tidak adanya awalan n - tidak menunjukkan titik lampiran mana yang dipilih, yaitu tidak adanya awalan tidak secara otomatis mengecualikan kemungkinan itu menjadi versi bercabang (yaitu i -propyl atau isopropyl).

Selain itu, ada bentuk ketiga, siklik, yang disebut siklopropil, atau c- propil. Itu tidak isomer dengan dua bentuk lainnya, memiliki rumus kimia -C 3 H 5.

Contoh[sunting | sunting sumber]

n -Propil asetat adalah ester yang memiliki gugus n -propil yang terikat pada atom oksigen darigugus asetat.[1]


Struktur kimia propil asetat.

Contoh lainnya[sunting | sunting sumber]

Alkohol isopropil

ARTIKEL TERKAIT[sunting | sunting sumber]

Alkil Gugus univalen turunan dari alkana

kelompok butil Pengganti Himpunan atom yang menggantikan atom hidrogen pada rantai induk hidrokarbon

  1. ^ "IUPAC Nomenclature - Acyclic Hydrocarbons Rule A-1". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-18. Diakses tanggal 2012-03-14.