Deklarasi Kemerdekaan Albania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Proklamasi Vlore)
Deklarasi Kemerdekaan Albania
Naskah asli deklarasi kemerdekaan
Dibuat28 November 1912
Ratifikasi28 November 1912
LokasiVlorë, Albania
PenulisIsmail Qemali
Penandatangan83 delegasi
TujuanKemerdekaan dari Kesultanan Utsmaniyah

Deklarasi Kemerdekaan Albania (bahasa Albania: Shpallja e Pavarësisë, atau Deklarata e Pavarësisë) adalah deklarasi kemerdekaan Albania dari Kesultanan Utsmaniyah. Kemerdekaan Albania diproklamasikan di Vlorë pada 28 November 1912. Segera setelah itu, delapan puluh tiga pemimpin Majelis Vlora membentuk Pemerintahan Albania pertama yang dipimpin oleh Ismail Qemali dan Dewan Tetua, Pleqësia.

Keberhasilan Pemberontakan Albania 1912 mengirim sinyal kuat ke negara-negara tetangga, bahwa Kesultanan Utsmaniyah dalam keadaan lemah.[1] Kerajaan Serbia menentang rencana pembentukan Vilayet Albania, lebih memilih pembagian wilayah Kesultanan Utsmaniyah yang terletak di Eropa kepada empat sekutu Balkan.[2] Sekutu Balkan merencanakan pembagian wilayah Kesultanan Utsmaniyah yang terletak di Eropa antara mereka, sementara itu wilayah yang ditaklukkan selama Perang Balkan Pertama disepakati memiliki status Kondominium.[3] Hal ini adalah alasan Ismail Qemali untuk mengadakan Kongres Seluruh Albania di Vlora.[4]

Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Deklarasi[sunting | sunting sumber]

Pertemuan majelis delapan puluh tiga pemimpin di Albania selatan tepatnya di kota Vlora pada bulan November 1912, menyatakan Albania sebagai negara yang merdeka dan mendirikan sebuah pemerintahan sementara. Teks lengkap deklarasi, tersusun dalam bahasa Albania, sebagian dalam bahasa Gheg, Tosk dan Turki Utsmaniyah,[5] adalah:

Di Vlorë, pada tanggal 15 hingga 28 November. Pada waktu tersebut Presiden adalah Ismail Kemal Bey, di mana ia berbicara tentang bahaya besar yang dihadapi Albania hari ini, para delegasi telah memutuskan dengan suara bulat bahwa Albania, pada hari ini, harus berdiri sendiri, bebas dan mandiri.

Majelis Vlorë[sunting | sunting sumber]

Dalam keadaan ini, para delegasi dari seluruh Albania berkumpul di Majelis Vlorë (bahasa Albania: Kuvendi i Vlorës). Ismail Qemali kembali ke Albania dengan Austria-Hungaria, dengan cepat menyelenggarakan majelis nasional, menyatakan kemerdekaan Albania di kota Vlora pada 28 November 1912. Deklarasi itu lebih cenderung bersifat teori daripada praktek karena Vlora adalah satu-satunya kota di seluruh negeri yang berada di bawah kendali delegasi―namun terbukti efektif dalam kekosongan kekuasaan. Meskipun kemerdekaan Albania diakui secara de facto pada 17 Desember 1912 di Konferensi London, dianggap tidak resmi sampai 29 Juli 1913, setelah Perang Balkan Kedua dan pemecahan masalah di Shkodra, bahwa masyarakat internasional sepakat untuk mengakui Albania sebagai negara yang netral dan berdaulat.

Peringatan dalam cetakan uang kertas[sunting | sunting sumber]

Fasad bangunan di mana kemerdekaan diproklamasikan tergambar pada bagian belakang uang kertas Albania 200 lekë pada tahun 1992–1996,[6] dan uang kertas 500 lekë yang dikeluarkan sejak tahun 1996.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Warrander, Gail; Verena Knaus (November 2007). Kosovo. United States: The Globe Pequot Press. hlm. 12. ISBN 1-84162-199-4. At the same time the rebellion sent strong signal to Kosovo neighbors that the Ottoman Empire was weak. 
  2. ^ Redlich, Josef; d'Estournelles, Baron; Godart, M. Justin; Shucking, Walter; Hirst, Francis W.; Brailsford, H. N.; Milioukov, Paul; Dutton, Samuel T. (1914). "Report of the International Commission to Inquire into the Causes and the Conduct of the Balkan Wars". Washington, D.C.: Carnegie Endowment for International Piece. hlm. 47. Diakses tanggal 10 January 2011. The Servians hastened to oppose the plan of a "Greater Albania" by their plan for partition of Turkey in Europe among the Balkan States into four spheres of influence. 
  3. ^ Redlich, Josef; d'Estournelles, Baron; Godart, M. Justin; Shucking, Walter; Hirst, Francis W.; Brailsford, H. N.; Milioukov, Paul; Dutton, Samuel T. (1914). "Report of the International Commission to Inquire into the Causes and the Conduct of the Balkan Wars". Washington D.C.: Carnegie Endowment for International Piece. hlm. 49. Diakses tanggal 10 January 2011. In a few weeks the territories of Turkey in Europe .. by the Balkan allies....in their hands as condominium 
  4. ^ Zhelyazkova, Antonina (2000). "Albania and Albanian Identities". International Center for Minority Studies and Intercultural Relations. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2011. Diakses tanggal 10 January 2011. calling together an all-Albanian congress. On 28 November 1912, delegates from all over the country gathered in Vlora 
  5. ^ Pollo, Stefanaq; Selami Pulaha (1978). "175". Akta të rilindjes kombëtare shqiptare 1878-1912 (Memorandume, vendime, protesta, thirrje). Tirana: Akademia e Shkencave të RPS të Shqipërisë. hlm. 261. Vendimi është hartuar shqip dhe turqisht ... 
  6. ^ Bank of Albania. Currency: Banknotes withdrawn from circulation Diarsipkan 2009-03-06 di Wayback Machine.. – Retrieved on 23 March 2009.
  7. ^ Bank of Albania. Currency: Banknotes in circulation Diarsipkan 2009-02-26 di Wayback Machine.. – Retrieved on 23 March 2009.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]