Prokatedral Ashgabat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapel Transfigurasi
Gereja Kapel Prokatedral Transfigurasi Tuhan Yesus
LokasiAshgabat
Negara Turkmenistan
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
Statusgereja, kapel, prokatedral
GayaArsitektur Gotik
Diruntuhkan1932
Administrasi
KeuskupanMisi sui iuris Turkmenistan

Prokatedral Transfigurasi[1] atau yang bernama lengkap Gereja Kapel Prokatedral Transfigurasi Tuhan Yesus,[2] adalah sebuah gereja kapel prokatedral Katolik yang menjadi bagian dari Nunsiatur Apostolik Takhta Suci di kota Ashgabat, ibu kota Turkmenistan.

Gereja dibangun di Ashabad dari batu bata alami, dengan gaya Gotik. Di altar besar ada ikon Transfigurasi Tuhan. Di sisi altar terdapat ikon Maria, yang disumbangkan oleh Paroki St. Stanislav di St. Petersburg, dan ikon St. Expedite], dipesan oleh kurator di Tashkent.

Setelah penghancuran oleh otoritas Komunis pada masa Uni Soviet di Turkmenistan dari semua gereja Katolik di kota itu, kegiatan Gereja Katolik di negara itu sangat dibatasi atau secara resmi dilarang.

Pada akhir tahun dua puluhan Gereja ditutup. Bangunan itu runtuh dan tetap berdiri sampai tahun 1932, ketika pemerintah setempat memerintahkannya untuk dihancurkan, di era penganiayaan agama di Uni Soviet. Sebaliknya setelah gempa rumah kayu prefabrikasi dibangun. Rumah-rumah ini tetap ada hingga hari ini.[3]

Setelah jatuhnya komunisme pada tahun 1990-an upaya dilakukan untuk mendapatkan persetujuan dari otoritas setempat untuk membuka kembali tempat ibadah Katolik. Sebagai bagian dari upaya tersebut, nunsiatur berhasil membuka kapel yang menjadi pusat Pertemuan Umat Katolik di kota itu, hingga dapat membangun gereja di luar perlindungan yang diberikan oleh nunsiatur Vatikan, atau kedutaan besar di Turkmenistan.[4]

Layanan keagamaan ditawarkan dalam Rusia dan Inggris.[5] Nama gereja ini karena Gereja Transfigurasi Tuhan yang hilang itu dihancurkan pada tahun 1932.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catholic News - Catholic Charity - Catholic World : Delegasi pemuda kecil dari Turkmenistan untuk menghadiri WYD di Sydney". members4.boardhost.com. Diakses tanggal 2016-05-23. 
  2. ^ "Gereja Katolik di Turkmenistan". www.catholic-turkmenistan.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-10. Diakses tanggal 2016-05- 23. 
  3. ^ /Dari-sejarah-kehadiran-Kekristenan.pdf "Dari sejarah kehadiran agama Kristen dan Gereja Katolik di Turkmenistan" Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (PDF). catholic-in-turkmenistan.com. Diarsipkan dari the-history-of-the-presence-of-Christianity.pdf versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF) tanggal 2016-02-16. Diakses tanggal 2016-07-31. 
  4. ^ "» Sejarah Kami". catholic-in-turkmenistan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-04. Diakses tanggal 2016-05- 23. 
  5. ^ in-turkmenistan.com/en/ministries/ "» Kementerian" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). catholic-in-turkmenistan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-04. Diakses tanggal 2016-05-23.