Programmed fuel injection

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Programmed Fuel Injection, atau PGMFI/PGM-FI, adalah nama yang diberikan oleh Honda untuk sistem injeksi bahan bakar elektronik digital eksklusif untuk mesin pembakaran dalam yang menyuntikkan jumlah yang tepat dari bahan bakar per silinder berdasarkan data mesin tertentu, tersedia sejak akhir 1980-an. Sistem ini telah diterapkan pada sepeda motor, mobil, dan mesin tempel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dengan asal-usulnya dimulai dengan sepeda motor turbocharged CX500 dan CX650 pada tahun 1982 dan 1983, berturut-turut, Honda PGM-FI membuat kemajuan ke mobil mereka pada awal tahun 1980-an dengan mesin ER dilengkapi City Turbo. Sistem ini mendapatkan popularitas pada 1980-an kemudian model Accord dan Prelude dengan A20A, mesin A20A3 & A20A4 (Mesin Honda A), dan sepeda motor lainnya. Pada tahun 1998, Honda membuat sepeda motor ketiga dengan injeksi bahan bakar; VFR800FI.

Operasi[sunting | sunting sumber]

Unit kontrol mesin (ECU) memiliki sensor yang mengukur suhu mesin ,pendingin, minyak, dan udara luar serta sensor tekanan untuk memantau minyak dan tekanan udara. Berdasarkan tafsiran dan lokasi katup penutup tersebut, ECU menghitung berapa banyak oksigen dan bahan bakar harus dicampur untuk kinerja yang optimal dan efisien.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]