Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra

Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra berdiri pada bulan September 1982. Pendirian ini merupakan komitmen Universitas dalam rangka ikut mendukung pertumbuhan industri yang pesat di Indonesia. Sejak awal berdirinya Jurusan Teknik Mesin memiliki tiga bidang studi yaitu bidang studi Konversi energi, Disain dan Manufaktur yang semuanya berbasis pada dasar-dasar Teknik Mesin yang sama untuk memenuhi kebutuhan industri yang sangat bervariasi. Ketiga bidang studi tersebut hingga saat ini masih sangat relevan dengan kebutuhan industri di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jurusan Teknik Mesin UK Petra berdiri pada bulan September 1982. Pendirian ini merupakan komitmen Universitas dalam rangka ikut mendukung pertumbuhan industri yang pesat di Indonesia. Sejak awal berdirinya Jurusan Teknik Mesin memiliki tiga bidang studi yaitu bidang studi Konversi energi, Disain dan Manufaktur yang semuanya berbasis pada dasar-dasar Teknik Mesin yang sama untuk memenuhi kebutuhan industri yang sangat bervariasi. Ketiga bidang studi tersebut hingga saat ini masih sangat relevan dengan kebutuhan industri di Indonesia. Alumni pertama Jurusan Teknik Mesin dihasilkan pada tahun 1987 dan hingga sekarang telah dihasilkan lebih dari 900 alumni yang bekerja di berbagai bidang industri dan jasa. Beberapa alumni telah bekerja ataupun menyelesaikan studi lanjutnya di luar negeri dengan baik, bahkan menjadi pengusaha yang sukses. Berdasarkan SK No: 016/BAN-PT/Ak-XII/S1/VI/2009 Jurusan Teknik Mesin telah mendapat akreditasi A dari dirjen Dikti. Kepercayaan terhadap pengelolaan jurusan ini tidak hanya datang dari pemerintah tetapi juga dari kalangan industri yang terbukti dari tahun ke tahun selalu memesan alumni Jurusan Teknik Mesin. Saat ini Jurusan telah menyiapkan kurikulum baru dengan proses pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan diakui secara internasional serta memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Selain menguasai dasar-dasar teknik mesin, alumni Jurusan Teknik Mesin secara komprehensif juga diharapkan akan memiliki keahlian dibidangnya sehingga mampu mengisi kebutuhan tenaga profesional bidang Teknik Mesin di Industri nasional pada era global. Untuk mendukung perkuliahan Jurusan Teknik Mesin memiliki 8 laboratorium dasar dan keahlian sebagai laboratorium pendidikan maupun laboratorium penelitian. Jurusan mengadakan kerjasama dengan universitas di luar negeri dalam rangka penyempurnaan kurikulum, pertukaran mahasiswa, dan program double degree. Selain kerjasama di atas, Jurusan juga memiliki mitra kerja yang baik dengan banyak perusahan nasional dan multinasional untuk penempatan mahasiswa magang dan rekrutmen alumni. Kerjasama/M.o.U. yang ada:

  • Mori Seiki (Jepang).
  • Mechatronic Nusantara.
  • Otopoint.
  • P.T. Fuboru.
  • Chung Yuan Christian University (Taiwan)..
  • Honda.

Beberapa prestasi dan keunggulan yang telah dicapai dan dimiliki oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra sekarang ini adalah:

  • Memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
  • Memperoleh dana TPSDP (Technlogical and Professional Skills Development Project) dari Asian Development Bank untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas internasional.

Keunggulan Bersaing[sunting | sunting sumber]

  1. Jurusan Teknik Mesin memiliki Status akreditasi A dari BAN-PT
  2. Prestasi Jurusan di tingkat nasional seperti memenangkan hibah TPSDP pada tahun 2001-2004 sebesar US$1,25 juta, memenangkan hibah penelitian dosen muda, penelitian hibah bersaing, program kreativitas mahasiswa, dlsb.
  3. Salah satu dari dua institusi di Indonesia yang memegang Jurnal Teknik Mesin terakreditasi A.
  4. Memiliki 7 Laboratorium dengan fasilitas dan peralatan yang lengkap dan mutakhir, misalnya: mesin CNC, wind tunnel, Exhaust Gas Analyzer, Scan tool (untuk mendiagnosa sistem kelistrikan mobil), dlsb.
  5. Memiliki ruang Student Design Facilities yang lengkap dengan fasilitas untuk belajar (ruang baca, textbook, audio - video, software, akses internet), dan diperuntukkan secara ekslusiv hanya kepada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UK Petra.
  6. Memiliki bengkel otomotif yang dikenal dengan nama bengkel KOMETRA. Bengkel yang melayani masyarakat umum tersebut dikelola oleh mahasiswa Teknik Mesin dan Otomotif.
  7. Dua Program Studi yang ditawarkan,yaitu Program Teknik Mesin dan Program Otomotif sama-sama memiliki prospek pekerjaan yang sangat bagus.
  8. Kurikulum dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan nyata di Industri . Selain dibekali dengan skill teknik dan manajerial, mahasiswa juga dilatih untuk menjadi seorang Techopreneur yang handal.
  9. Mayoritas staf pengajar adalah lulusan S2 dan S3 dari universitas luar dan dalam negeri yang ahli dalam bidangnya.
  10. Memiliki kerjasama dengan banyak dan beraneka ragam industri dalam hal: kerja praktik, magang, training, kuliah tamu, perekrutan kerja, dlsb.
  11. Alumni Jurusan Teknik Mesin UK Petra selalu diminati dan dinantikan di dunia industri

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Kerjasama Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

  • Jurusan Teknik Mesin UK. Petra tergabung dalam Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) Indonesia.
  • Jurusan Teknik Mesin UK. Petra tergabung dalam Indonesian Mold & Dies Industry Association (IMDIA)
  • Honda Surabaya Center
  • Mechatronic Nusantara
  • Otopoint
  • P.T. Fuboru
  • Industri-industri lain di Surabaya dan sekitarnya

Kerjasama Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

  • Mori Seiki (Jepang)
  • Chung Yuan Christian University (Taiwan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]