Program Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Program Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra
Didirikan1981
LokasiSiwalankerto 121-131 Surabaya; Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31; Fax: +62 31 8436418
Situs webhttp://bisnis.petra.ac.id
Logo petra lowres.jpg

Program Studi Manajemen Universitas Kristen Petra berdiri pada tahun 1981 seiring dengan dibukanya Fakultas Tata Niaga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Program Studi Manajemen sendiri telah dibuka sejak tahun 1981, yang dimulai saat dibukanya Fakultas Tata Niaga berdasarkan SK YPTK Petra No: 009/Kept/YPTK/III-81. Setelah berjalan dua semester Fakultas Tata Niaga diubah namanya menjadi Fakultas Ekonomi berdasarkan izin operasional dari Kopertis Wilayah VII No.: 091 C/Q/1983 tanggal 28 Juni 1983.
Dua tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 1983, Program Studi Manajemen telah memperoleh Status TERDAFTAR dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan SK No.: 024/Q/1983.
Sejalan dengan berbagi pembenahan yang terus dilakukan, pada tahun akademik 1991/1992 Program Studi Manajemen meperoleh status DIAKUI berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI No.048/O/1991, tanggal 23 Januari 1992. Sejak tahun 1994/1995, Program Studi Manajemen semakin berupaya memantapkan keberadaannya dalam mengembangkan pendidikan tinggi. Upaya ini membuahkan keberhasilan dengan diperolehnya Status DISAMAKAN pada tahun 1997 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.: 28/DIKTI/Kept/ 1997.
Pada tahun 1999, Program Studi Manajemen memperoleh status TERAKREDITASI peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan SK. No. 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998.
Upaya pengembangan yang terus dilakukan membuahkan hasil dengan keberhasilan program studi manajemen meraih prestasi tertingginya dalam akreditasi nasional, dengan diperolehnya status TERAKREDITASI peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, dengan SK. No. 07401/Ak-IX-S1-012/UKLMXX/ VII/2005 tertanggal 21 Juli 2005.

Keunggulan Bersaing[sunting | sunting sumber]

  • Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar mendirikan dan mengelola suatu bisnis dengan dukungan alumni, praktisi dan industri.
  • Menjadi seorang pemimpin dalam bisnis yang mampu mendirikan bisnis baru, mengelola serta mengembangkan bisnis yang telah ada.
  • Agar lebih memberikan daya saing, Program Manajemen Bisnis juga memberi kesempatan pada mahasiswa untuk melengkapi kompetensi profesi dengan berbagai organisasi profesi dan asosiasi profesi baik berskala nasional maupun internasional.

Atmosfer Perkuliahan[sunting | sunting sumber]

Dalam Program Manajemen Bisnis mahasiswa diarahkan untuk dapat belajar secara aktif, kreatif dan mandiri dengan dibekali berbagai fasilitas pendukung seperti free textbooks untuk sejumlah mata kuliah kompetensi utama, laboratorium pendukung kegiatan praktik kewirausahaan dan kepemimpinan, serta berbagai fasilitas lain yang disediakan dalam lingkungan setempat kampus.
Kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh bekal pengalaman dan pengetahuan praktis, diberikan melalui aktivitas perkuliahan yang diselenggarakan oleh Program Manajemen Bisnis melalui kerjasama dengan kalangan industri dan alumni. Melalui kerjasama ini mahasiswa dapat memperoleh kesempatan belajar dari para praktisi melalui kuliah tamu, kuliah umum, seminar, inbound & outbond activities kunjungan langsung ke perusahaan serta businesss competition yang terprogram dalam seluruh mata kuliah yang ditawarkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]