Priyadarshan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Priyadarshan
LahirPriyadarshan Soman Nair
30 Januari 1957 (umur 62)
Thiruvananthapuram, Kerala, India
Tempat tinggalChennai, Tamil Nadu, India
KebangsaanIndia
AlmamaterModel School
University College
PekerjaanSutradara, Penulis skenario, Produser
Tahun aktif1984 – sekarang
Suami/istriLissy (k. 1990; c. 2014)
AnakKalyani, Siddharth
Orang tuaK. Soman Nair
Rajamma
PenghargaanPadma Shri (2012)
Situs webwww.directorpriyadarshan.com

Priyadarshan Soman Nair adalah seorang pemenang Penghargaan Nasional yang telah memenangi dibidang film India, sutradara, produser, dan penulis skenario. Dalam rentang karier hampir tiga dekade, Priyadarshan telah menyutradarai lebih dari 80 film dalam beberapa bahasa India, terutama di Malayalam dan bahasa Hindi, selain itu membuat enam film di Tamil dan dua film Telugu.

Meskipun Priyadarshan memulai kariernya di Malayalam sinema pada 1984, dia sudah aktif terutama di Bollywood (India bioskop) selama 2001-2010. Ia telah melakukan sekitar 26 film dalam bahasa Hindinya, jumlah film tertinggi yang dilakukan oleh sutradara Bollywood setelah David Dhawan. Pada tahun 2013, ia mengumumkan Rangrezz akan Film Hindi terakhirnya untuk sementara waktu, dan ia mengalihkan fokus ke Malayalam bioskop.[1]

Terkenal karena film-film komedi, Priyadrshan juga telah sering bereksperimen dengan film aksi dan film thriller. kolaborasinya dengan Mohanlal yang sangat populer di Malayalam bioskop selama tahun 1980 dan 1990-an, dengan film seperti Poochakkoru Mookkuthi, Mazha Peyyunnu Maddalam Kottunnu, Thalavattam, Vellanakalude Nadu, Chithram, Vandanam, Kilukkam, Abhimanyu, Mithunam, Thenmavin Kombath, dan Kala Pani. Sebagian aktor yang telah berkerja sama termasuk Kuthiravattam Pappu, Jagathy Sreekumar, Innocent, Nedumudi Venu, Sreenivasan, Sukumari, Mukesh dan Mammukoya.

Priyadarshan adalah salah satu direktur pertama di India untuk memperkenalkan color grading, suara yang jelas dan kualitas dubbing melalui film Malayalam awalnya. Setelah memasuki Bollywood, Ia biasanya mengadaptasikan cerita dari film-film komedi populer dari Malayalam bioskop, beberapa dari karyanya sendiri dan beberapa dari karya orang lain. Ini termasuk Hera Pheri, Hungama, Hulchul, Garam Masala, Bhagam Bhag, Chup Chup Ke, Dhol, dan Bhool Bhulaiyaa. Aktor yang telah bekerja sama dengan beliau telah keluar beberapa kali di bioskop Hindi yaitu Tabu, Paresh Rawal, Akshay Kumar, Akshaye Khanna, dan Suniel Shetty.

Pada tahun 2007, Film Tamilnya Kanchivaram memenangkan penghargaan film nasional untuk film terbaik. Pemerintah India menghormatinya dengan memberikan Padma Shri pada tahun 2012 atas kontribusinya terhadap seni.[2]

Priyadarshan juga menyutradarai banyak jenis film untuk iklan yang begitu populer. Pekerjaan iklan yang paling populer nya termasuk iklan untuk Coca Cola, American Express, Nokia, Asia Paints, Kinley dan Max New York Life Insurance.[3]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Priyadarshan jatuh cinta dengan aktris film yang populer bernama Lissy dan menikah di 13 Desember 1990.[4] Setelah menikah, Lissy melepaskan dunia aktingnya dan mengadopsi nama Lakshmi karena alasan agama.[5] Setelah kelahiran putra mereka, Lizzy menganut agama Hindu dari Arya Samaj. Putri mereka Kalyani belajar di New York dan putranya Siddharth belajar di San Francisco.[6] Lissy telah mengajukan gugatan cerai pada 1 Desember 2014 di pengadilan keluarga, Chennai setelah menikah 24 tahun.

Karier Perfilman[sunting | sunting sumber]

Awal Berkerja[sunting | sunting sumber]

Lahir di Thiruvananthapuram, Kerala, Priyadarshan menerima pendidikannya di Government Model School dan memperoleh M.A. Filsafat dari University College, Thiruvananthapuram. Sebagai anak dari seorang pustakawan perguruan tinggi, dia adalah seorang yang gemar membaca selama masa remajanya, dan ia mulai menulis drama pendek dan sandiwara ke Akashavani selama hari-hari kuliah. Ia dipengaruhi dan termotivasi oleh film-film dari sutradara P. Venu. Sahabat yang menemani sehari-harinya termasuk Mohanlal, M. G. Sreekumar, Suresh Kumar, Sanal Kumar, Jagadish, Maniyanpilla Raju dan Ashok Kumar. Saat itulah Mohanlal masuk ke dunia perfilman. Sahabatnya mengikutinya ke Chennai, mencari kesempatan dalam film. Priyadarshan, dengan bantuan Mohanlal, mendapat beberapa peluang untuk bekerja sebagai asisten penulis naskah di beberapa film dan mulai menulis skrip, dengan beberapa darinya berubah menjadi hits. Akhirnya, ia harus kembali ke Kerala.[7]

Pada tahun 1984, Priyadarshan, bersama dengan teman-teman dekat yaitu Suresh Kumar dan Sanal Kumar, memutuskan untuk memproduksi sebuah film dengan Shankar, Pahlawan penjualan, membantu mereka dalam mengatur bidang keuangan dari Thiruvenkadam, Ahli keuangan perfilman papan atas. Mohanlal, yang kemudian menjadi bintang yang populer, terpilih sebagai pahlawan selanjutnya bersama dengan Shankar. Dengan demikian pada tahun 1984, Priyadarshan membuat debut sebagai sutradara dengan Poochakkoru Mookkuthi, yang merupakan kejutan besar. Pengambilan gambar Film komedi lelucon yang kasar pada anggaran yang rendah, itu selesai berjalan sukses dari 100 hari di bioskop Kerala.

Dari 1984 Sampai 1987[sunting | sunting sumber]

Priyadarshan melanjutkan penampilan baiknya untuk komedi lelucon yg kasar dengan keberhasilan Odaruthammava Aalariyam dan ia kemudian membuat film lagi yaitu Onnanam Kunnil Oradi Kunnil dan sekelompok/ keluarga film thriller Mammootty-Shankar yaitu Parayanumvayya Parayathirikkanumvayya. Lalu dia membuat film Punnaram Cholli Cholli, film pertamanya tanpa Mohanlal.

Dia melanjutkan karier kesuksesannya dengan film Boeing Boeing dan film Aram + Aram = Kinnaram, keduanya berhasil melakukan bisnis yang indah. Ia mendapatkan karena filmnya Rakkuyilin Ragasadassil, sebuah film yang seharusnya dibuat dengan Shankar dan Menaka dan banyak yang mengatakan pemilihan pasangan Mammootty & Suhasini adalah salah pilih dan meskipun dengan lagu-lagu hitnya, film ini mengempaskan diri. Tapi Mazha Peyyunnu Maddalam Kottunnu, Ayalvasi Oru Daridravasi dan Dheem Tharikida Thom menjadi hits dan menekankan konsistensinya. Priyadarshan diterima sebagai direktur serius dengan sangat sukses dengan film drama keluarga yang tragis yaitu Thalavattam. Catatan Tamilnya begitu kurang beruntung bersama dengan film Chinnamani Kuyile tetap belum pernah dirilis, namun film Cheppu nya sukses.

Dari tahun 1988 sampai 1998[sunting | sunting sumber]

Tahun 1988 adalah tahun yang berarti dalam karier Priyadarshan. Dia menyutradarai Vellanakalude Nadu, berdasarkan skrip dari Sreenivasan, dengan Mohanlal sebagai peran utamanya. Film ini berkisar antara korupsi, mafia tanah dan masalah sosial lainnya. Film ini akhirnya menjadi hit terbesar dalam karier Priyadarshan untuk saat itu. Kemudian datanglah Aryan, sebuah film action berdasarkan dunia bawah tanah Mumbai, yang selesai 150 hari di bioskop.

Chithram merupakan film Priyadarshan sepanjang masa dengan yang hit terbesar, juga dirilis pada tahun 1988. Chithram selesai 366 hari di bioskop dan menciptakan rekor baru dalam koleksi filmnya, sampai mereka hancur oleh filmnya sendiri, Kilukkam pada tahun 1991. Oru Muthassi Katha dan Mukunthetta Sumitra Vilikkunnu diselesaikan pada tahun 1988 . Namun, ia tidak bisa memberikan hit pada tahun 1990 bersama Kadathana dan Ambadi dan Akkareyakkareyakkare.

Pada tahun 1991, Priyadarshan mengeluarkan Kilukkam dengan Mohanlal, Jagathi Sreekumar dan Revathi sebagai pemeran utama. Kilukkam memecahkan beberapa koleksi rekornya dan masih dianggap salah satu film terbaik dari tim Priyadarshan-Mohanlal. Tiga film berikutnya, Abhimanyu (1991), Advaitham (1992), and Thenmavin Kombathu (1994) berhasil menyelesaikan 100 hari di bioskop. Lalu kedua filmnya Midhunam (1993) dan Minnaram (1994) mampu membuat respon yang baik di bioskop-bioskop.

Sementara itu, Priyadarshan diundang oleh Shri. M. Karunanidhi untuk mensutradarai film untuk rumah produksi putranya. Karenanya Priyadarshan membuat debut Tamil dengan film Gopura Vasalile. Pada tahun 1991 ia juga membuat film Telugu yaitu Nirnayam lalu Nagarjuna mendekatinya untuk membuat ulang film yang Malayalamnya yaitu film Vandanam di Telugu. Pada tahun 1992, Priyadarshan melakukan debut di Bollywood bersama Muskurahat, sekali lagi merupakan pembuatan ulangdari Malayalam filmnya yaitu Kilukkam yang berakhir sebagai sebuah kegagalan.

Pada tahun 1993, ia membuat comeback kariernya dalam bahasa Hindi dengan judul Gardish, yang merupakan sebuah adaptasi dari Malayalam Film yaitu Kireedom, yang ditulis oleh A. K. Lohithadas. Priyadarshan berhasil memasukkan bumbu-bumbu yang diperlukan untuk pemirsa Hindi sehingga film itu sukses besar, membuka pintu Bollywood kepadanya.

Pada tahun 1994, Priyadarshan mensutradarai film kedua dan terakhirnya bersama Telugu sampai saat ini, yaitu Gandeevam, yang dibintangi oleh Balakrishna. Dia juga ditugaskan mengurus Miss World 1996, suatu acara yang digelar di Banglore, yang membuat dia dikenal di seluruh negeri. Pada tahun 1996, Priyadarshan datang dengan proyek impiannya, Kalapani, sebuah film periode epik berdasarkan perjuangan India untuk kemerdekaan. Dengan Mohanlal, Tabu, Prabhu Ganesan dan Amrish Puri di peran utama dan musik yang luar biasa oleh Ilaiyaraja, Kalapani mengambil jalur karier yang membuat Priyadarshan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Film ini, yang awalnya difilmkan di Malayalam, juga dubbing dan dirilis di Tamil,, Juga di Telugu dan Hindi secara bersamaan. Kalapani membawanya beberapa penghargaan untuk pertama kalinya dalam kariernya.

Pada tahun 1997, Priyadarshan mensutradarai dua film, Chandralekha di Malayalam dan Virasat sebuah adaptasi Hindi dari Sutradara Bharathan's dari Tamil flim yaitu Thevar Magan, yang super hits. Keberhasilan Virasat membuat Priyadarshan mencatatkan namanya di bioskop Hindi.

Tahun 1998 sampai sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Priyadarshan mensutradarai tiga film, Saat Rang Ke Sapne, yang merupakan pembuatan ulang dari Thenmavin Kombathu, kemudian Doli Saja Ke Rakhna, dengan cerita yang diadaptasi dari film sutradara Fazil dengan judul Aniyathi Pravu dan Kabhi na Kabhi, dan ketiganya membombardir di box office. Priyadarshan bergabung lagi dengan Mammooty setelah jeda yang panjang dan membuat film Megham pada tahun 1999. Selama periode ini Priyadarshan menerima beberapa tawaran dari Chiranjeevi dan Nagarjuna, selaku pelaku industri Telugu untuk mensutradarai industri mereka; namun ditolak dan pindah ke proyek Hindi berikutnya.

Pada tahun 1999, Hera Pheri dirilis dalam bahasa Hindi, Dengan sekalinya dan takdir Priyadarshan pun berubah di Bollywood. Hera Pheri, merupakan sebuah adaptasi dari Malayalam Film yang berjudul Ramjirao Speaking (1989), dengan sukses besar di box office. Dibintangi Akshay Kumar, Tabu dan Paresh Rawal, film ini dianggap sebagai tonggak penting dalam sejarah bioskop Hindi. Film ini juga melahirkan tim Priyadarshan-Akshay Kumar, yang dalam beberapa tahun kemudian menghasilkan beberapa hits. Setelah Hera Pheri, Paresh Rawal menjadi wajah lain di film Priyadarshan. Film ini diikuti oleh serangkaian film series dalam bahasa Hindi termasuk Yeh Teraa Ghar Yeh Meraa Ghar, Hungama, Hulchul, Garam Masala, dan Kyon Ki.

Pada tahun 2000, Priyadarshan mensutradarai Snegithiye yang dibintangi oleh Tabu dan Jyothika, dengan cerita yang diadaptasi dari Marathi Film yang berjudul Bindhaast, sebuah film eksperimental dengan semua karakter perempuan, yang diterima kritis dengan baik. Awalnya direncanakan akan dibuat di Malayalam dengan judul Raakilipattu, film itu karena alasan yang tidak diketahui melakukan rilisnya di Tamil, sementara Malayalam serta versi Hindi didubbing dengan judul Friendship, yang dirilis tujuh tahun kemudian pada tahun 2007.[8][9][10] Selama periode ini, aktor Tamil Kamal Haasan bekerja sama pada film ambisiusnya, Anbe Sivam. Setelah menyelesaikan script, Kamal Haasan mendekati Priyadarshan untuk mensutradarai film. Pra-produksi dimulai; tetapi setelah beberapa perbedaan pendapat antara sutradara dan aktor; Priyadarshan memilih keluar dari proyek sebelum jadwalnya. Kemunduran mendadak ini menyebabkan seluruh kru kehabisan waktu mereka. Oleh karena itu, produsen berhasil meyakinkan Kamal Haasan, dan dengan cepat mengikat Sundar.C untuk mensutradari film tersebut.

Priyadarshan memiliki dua film di Malayalam, Kilichundan Mampazham dan Vettom yang dirilis pada tahun 2003 dan tahun 2004, yang membuat kekecewaan secara komersial, yang membuatnya kini lebih berkonsentrasi di Bollywood. Tetapi pada saat yang sama, dalam bahasa Hindi, Priyadarshan terus berjalan dengan sukses dengan filmnya yaitu Chup Chup Ke, Bhagam Bhag, Malamaal Weekly, Dhol, Bhool Bhulaiyaa, De Dana Dan dan Mere Baap Pehle Aap. Tapi di berbagai film berikutnya seperti Billu, Bumm Bumm Bole, Khatta Meeta, Aakrosh dan Tezz gagal untuk memenuhi harapan. Rilis film Rangrezz terbarunya juga gagal di box-office.

Sementara itu, Priyadarshan tertegun dengan Kanchivaram, film Eksentrik yang berkisar di sekitar penenun di Kanchipuram. Prakash Raj, yang memainkan karakter sentral, memenangkan National Film Award untuk Aktor Terbaik pada tahun 2008. Kanchivaram juga memenangkan penghargaan di beberapa festival film.Priyadarshan kembali ke film Malayalam mensutradarai film yang dibintangi oleh Mohanlal yaitu, Arabeem Ottakom P. Madhavan Nayarum in Oru Marubhoomikkadha. salah satu film Malayalam terakhirnya adalah Geethaanjali yang dibintangi Mohanlal yang mengambil peran sebagai Dr. Sunnyt Joseph, menjadikan sebuah kegagalan. Dan film Malayalam terbarunya Aamayum Muyalum, pun mendapatkan tanggapan negatif.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Priyadarshan telah memenangkan penghargaan baik dari Negara dan pemerintah pusat untuk film-filmnya. Film Eksentriknya Kanchivaram diputuskan menjadi film fitur terbaik pada 2007 Film Awards Nasional. Dia membuat periode film epik yang berjudul Kaalapani, di Malayalam, film ini menceritakan kisah pejuang kemerdekaan di penjara di Kepulauan Andaman dan Nikobar; yang dibintangi oleh Mohanlal, Tabu, Prabhu Ganesan dan Amrish Puri, film ini menerima empat National Film Awards, termasuk penghargaan untuk Santosh Sivan (sinematografi) dan Sabu Cyril (art direction). Film ini didubbing dan dirilis dalam bahasa lain seperti Tamil, Telugu dan Hindi.

Sipil Awards

National Film Awards:

Kerala State Film Award:

  • 1994 – Kerala State Penghargaan Film Terbaik untuk Film dengan Seruan Populer dan Nilai Estetika, – Thenmavin Kombath
  • 1995 – Kerala State Film Penghargaan untuk Kedua Terbaik Film – Kala Pani

Asianet Film Awards:

  • 2008 – Khusus Menghormati Juri Penghargaan untuk Kontribusi luar Biasa untuk Bioskop India

Jaihind TV Film Awards:

  • 2010 – Jaihind Rajat Mudra Penghargaan

Referensi[sunting | sunting sumber]

Eksternal link[sunting | sunting sumber]