Primera División RFEF

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Primera División RFEF
Badan yang mengaturRFEF
NegaraSpanyol
Dibentuk2021
Musim perdana2021–22
Divisi2
Jumlah tim2 grup masing-masing 20 tim (40)
Tingkat pada piramida3
Promosi keSegunda División
Degradasi keSegunda Federación
Piala domestikCopa del Rey
Copa Federación
Piala internasionalUEFA Europa League
(melalui juara Copa del Rey)
Televisi penyiarFootters, Fuchs Sport, ETB 1, TVG, TV3
2022–23 Primera Federación

Primera División RFEF adalah tingkat ketiga sistem liga sepak bola Spanyol yang dimulai pada musim 2021–22. Ini dikelola oleh Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol, yang mana berada di bawah dua liga profesional teratas, Primera División (juga dikenal sebagai La Liga) dan Segunda División, dan di atas Segunda División RFEF dan Tercera División RFEF.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2020, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol mengumumkan pembentukan tiga divisi baru, dua semi-profesional dan satu amatir.[3] Primera División RFEF sebagai tingkat ketiga baru dari sistem Spanyol.[4] Segunda División RFEF sebagai tingkat keempat yang baru, secara umum menggunakan format yang sama dengan Segunda División B yang dibuat pada tahun 1977 dan Tercera División RFEF sebagai tingkat kelima, sejalan dengan Tercera División dari tahun 1977 dimana kelompok dibatasi untuk tim dari masing-masing negara komunitas otonom dan dikelola oleh badan setempat.

Format Liga[sunting | sunting sumber]

Divisi Pertama RFEF akan terdiri dari total 40 klub yang dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari 20 tim yang didistribusikan berdasarkan kedekatan geografis. Pada musim pertamanya, 4 tim akan terdegradasi dari Segunda División (La Liga 2) dan sisanya akan berasal dari Segunda División B.[5]

Seperti divisi Spanyol lainnya, itu akan berlangsung setiap tahun, dimulai pada akhir Agustus atau awal September, dan berakhir pada Mei atau Juni tahun berikutnya. Dua puluh tim di setiap grup akan saling bermain dua kali, kandang dan tandang, dengan total tiga puluh delapan pertandingan. Di akhir musim, tujuh tim yang mengumpulkan poin terbanyak di setiap grup, tidak termasuk tim cadangan, lolos ke Copa del Rey edisi berikutnya. Di akhir musim, total empat tim akan promosi ke kasta kedua dengan juara di masing-masing grup otomatis lolos ke Segunda División. Tim tempat kedua hingga kelima akan memainkan play-off promosi ke divisi kedua, di mana dua dari delapan tim yang memenangkan play-off akan promosi ke Segunda División. Lima terbawah di setiap divisi akan degradasi ke tingkat keempat.

Kelayakan tim cadangan[sunting | sunting sumber]

Tim cadangan dapat berpartisipasi dalam Divisi Pertama RFEF jika tim pertamanya bersaing di divisi yang lebih tinggi, tetapi tidak dapat bersaing di divisi yang sama. Jika sebuah tim degradasi atau promosi ke divisi yang sama, tim cadangan akan ditolak promosinya atau diturunkan secara otomatis untuk memastikan mereka tetap menjadi satu divisi yang terpisah.

Klub[sunting | sunting sumber]

Klub anggota Primera Federacion untuk musim 2022–23 tercantum di bawah ini.

Group 1 Group 2

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Así sería la nueva Segunda B Pro del fútbol español" [This would be the new Segunda B Pro of Spanish football]. Apuestas de Murcia (dalam bahasa Spanyol). 16 September 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-24. Diakses tanggal 2021-08-24. 
  2. ^ Abizanda, Jorge (15 September 2020). "La Federación desvela el misterio: La nueva Segunda B se denominará Primera División RFEF" [The Federation reveals the mystery: The new Second B will be called First Division RFEF]. ABC (Spain) (dalam bahasa Spanyol). 
  3. ^ b-pro-futbol-espanol/ "Sería la nueva Segunda B Pro del fútbol español" Periksa nilai |url= (bantuan) [Ini akan menjadi Segunda B Pro baru dari sepak bola Spanyol]. Apuestas de Murcia (dalam bahasa Spanyol). 16 September 2020. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ Abizanda, Jorge (15 September 2020). futbol/abci-federacion-desvela-misterio-nueva-segunda-denominara-primera-division-rfef-202009141930_noticia.html "La Federación desvela el misterio: La nueva Segunda Se denominará Primera División RFEF" Periksa nilai |url= (bantuan). ABC (Spanyol) (dalam bahasa Spanyol). 
  5. ^ "Así es la nueva y liosa Segunda B explicada a la perfección: grupos ascensos, descensos..." [This is the new and messy Second B explained to perfection: groups ascents, descents ...]. Diario AS (dalam bahasa Spanyol). 6 October 2020.