Pride and Prejudice

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pride and Prejudice
PrideAndPrejudiceTitlePage.jpg
PengarangJane Austen
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
GenreNovel of manners, Satire
PenerbitT. Egerton, Whitehall
Tanggal rilis28 Januari 1813
Jenis mediaCetak (Hardback, 3 volume)
ISBNtidak terdaftar

Pride and Prejudice adalah sebuah novel karangan Jane Austen yang dipublikasikan pada 28 Januari 1813. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta kelas menengah-atas keluarga Inggris di akhir abad ke-19. Novel ini berisi deskripsi dari peristiwa seputar kehidupan tokoh utamanya, Elizabeth Bennet, yang tinggal di Longbourn, Inggris. Elizabeth digambarkan sebagai gadis yang periang, sopan, serta memiliki kecerdasan tajam dan menolak untuk diintimidasi oleh siapapun.

Keluarga Bennet memiliki lima anak perempuan yang belum menikah. Hal ini membuat Mrs. Bennet khawatir, karena jika Mr. Bennet meninggal, maka anak-anaknya tidak akan mendapatkan harta warisan. Maka Mrs. Bennet memiliki ambisi untuk menikahkan anak-anaknya dengan pria kaya. Kebetulan, saat itu seorang pemuda kaya baru saja pindah ke Netherfield, sebuah tempat yang berada di dekat kediaman keluarga Bennet. Tak lama keluarga Bennet berkesempatan untuk bertemu dengan tetangga baru mereka, yang bernama Mr. Bingley pada acara pesta dansa di Meryton. Mr. Bingley yang tampan ternyata membawa serta temannya, Fitzwilliam Darcy.

Mr. Bingley digambarkan sebagai pria terhormat yang menyenangkan, ramah, serta sopan. Sedangkan Mr. Darcy adalah pribadi yang tertutup dan terkesan sombong. Dalam pesta dansa tersebut, Jane yang merupakan putri tertua dari keluarga Bennet, menjadi dekat dengan Mr. Bingley. Saat itu juga, Elizabeth secara tak sengaja mendengar Mr. Darcy menghina dirinya. Maka dimulailah kebencian Elizabeth dan segala prasangkanya kepada Mr. Darcy. Hal ini yang kemudian menuntun Elizabeth untuk terlibat lebih jauh dengan Mr. Darcy pada masa yang akan datang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]