Presidium Bundestag

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Presidium Bundestag
Präsidium Bundestag
Petahana
Bärbel Bas
Sebagai Presiden Bundestag

sejak 26 Oktober 2021
Bundestag
StatusBadan Eksekutif di dalam Bundestag
AtasanBundestag
KantorReicshtag, Berlin
Wakil

Presidium Bundestag (Jerman: Präsidium Bundestag) adalah salah badan eksekutif yang ada di dalam Bundestag. Presidium Bundestag bertanggung jawab atas administrasi rutin Bundestag, termasuk urusan aktivitas, penelitian dan keagamaan. Presidium terdiri dari Presiden Bundestag dan beberapa orang Wakil Presiden Bundestag[1][2].

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Presidium dipilih oleh Bundestag selama sesi sidang pertama setelah pelaksanaan pemilu, berdasarkan pada tradisi yang ada, partai atau fraksi partai terbesar di Bundestag memiliki hak untuk mengajukan kandidat Presiden Bundestag/Presidium. Pada dua putaran suara pertama, seorang kandidat harus setidaknya mendapatkan suara mayoritas dari semua anggota Bundestag. Pada putaran suara ketiga suara paling banyak akan menjadi pedoman pemilihan. Masa jabatan Presiden Bundestag sekaligus Presidium Bundestag akan berakhir seiring dengan berakhirnya periode Bundestag[3].

Disamping seorang presiden, presidium juga terdiri dari beberapa wakil presiden yang juga dipilih pada sesi sidang pertama setelah pelaksanaan pemilu. Sejak tahun 1994, tata tertib Bundestag menyatakan bahwa jumlah minimal wakil-wakil presiden harus sama dengan jumlah fraksi yang ada dan memberikan hak kepada setiap fraksi untuk mencalonkan seorang wakil presiden. Namun demikian, seperti presiden, setiap wakil presiden harus dipilih oleh mayoritas dari seluruh rumah pada dua suara pertama atau pluralitas pada suara ketiga; hal ini dapat mengakibatkan (dan telah) menghasilkan hasil bahwa jumlah wakil presiden yang sebenarnya tidak sama dengan jumlah fraksi, jika fraksi tidak berhasil menunjuk seorang kandidat, yang dapat diterima setidaknya oleh mayoritas yang diperlukan. Bundestag dapat memutuskan untuk memilih wakil presiden tambahan. Misalnya, di Bundestag ke-18 (2013–2017), yang hanya terdiri dari empat fraksi, dua fraksi terbesar (CDU/CSU dan SPD) masing-masing berhak mencalonkan wakil presiden kedua, karena presidium hanya terdiri dari lima orang. terlalu kecil untuk memenuhi tugasnya.

PRESIDIUM BUNDESTAG KE-20
Presiden Bundestag
Bärbel Bas, SPD
Sejak 26 Oktober 2021
Wakil Presiden Bundestag
Aydan Özoğuz
Sejak 26 Oktober 2021
Yvonne Magwas
Sejak 26 Oktober 2021
Katrin Göring-Eckardt
Sejak 26 Oktober 2021
Wolfgang Kubicki
Sejak 24 Oktober 2017
Petra Pau
Sejak 7 April 2006
Lowong

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Functions and duties of the President and Presidium of the German Bundestag". bundestag.de. Deutscher Bundestag. Diakses tanggal 22 February 2020. 
  2. ^ "The Presidium of the German Bundestag". bundestag.de. Deutscher Bundestag. Diakses tanggal 22 February 2020. 
  3. ^ "Election of the Presidium". bundestag.de. Deutscher Bundestag. Diakses tanggal 22 February 2020.