Bärbel Bas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang Terhormat
Bärbel Bas
Presiden Bundestag
Mulai menjabat
26 Oktober 2021
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Anggota Bundestag
Mulai menjabat
27 Oktober 2009
Sebelum
Pendahulu
Petra Weis
Pengganti
Petahana
Sebelum
Daerah pemilihanDuisburg I
Informasi pribadi
Lahir3 Mei 1968 (umur 55)
Duisburg, West Germany
Partai politikSPD
Suami/istri
Siegfried Ambrosius
(m. 2015; meninggal 2020)
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Bärbel Bas (pelafalan dalam bahasa Jerman: [bɛʁbl̩ baːs]; lahir 3 Mei 1968) adalah seorang politikus Jerman yang berasal dari Partai Demokrat Sosial Jerman (SPD) dan juga menjabat sebagai Presiden Bundestag sejak bulan Oktober 2021[1].

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Bärbel Bas lahir di Distrik Walsum, Duisburg. Ditahun 1985 sampai 1987 Bas magang sebagai sorang asisten kantor di Duisburger Verkehrsgesellschaft (DVG). Ia menyelesaikan program magangnya di tahun 1987 dan ditarik bekerja di kantor yang sama sebagai seorang panitera sampaii tahun 2001. Kemudian ia pindah tempat kerja dan bekerja di bidang asuransi kesehatan swasta. Selama bekerja di Duisburger Verkehrsgesellschaft (DVG) ia ditunjuk menjadi pewakilan pemuda dan pelatih serta menjadi anggota Dewan Kerja dan Perwakilan Pegawai dibawah Badan Pengawas DVG[2].

Karir Politik[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 1988, Bärbel Bas bergabung dengan Partai Demokrat Sosial Jerman. Setahun kemudian ia menjadi anggota Jusos dan ditempatkan di Badan Sub-Distrik Duisburg. Ia kemudian didapuk menjadi Ketua Jusos untuk Badan Sub-Distrik Duisburg.

Pada tahun 1994 sampai 2002 Bas ditunjuk menjadi anggota Dewan Kota Duisburg dan Ditahun 2004 Bas terpilih menjadi anggota Dewan Regional Niederrhein.

Anggota Bundestag[sunting | sunting sumber]

Bas pada tahun 2010

Pada pemilihan umum federal Jerman 2009, Bärbel Bas terpilih mewakili daerah pemilihan Duisburg I dari Partai Demokrat Sosial untuk menjadi Anggota Bundestag dan berhasil mempertahankan kursinya pada pemilu federal 2013 dan 2017[2]. Setelah terpilih ia kemudian ditempatkan di Komite Kesehatan. Pada tahun 2014 ia terpilih menjadi anggota Dewan Tetua Bundestag dan bersama dengan para anggota Dewan Tetua Bundestag lainnya bertanggung jawab dalam agenda legislasi harian dan menetapkan ketua-ketua komite di Bundestag. Selain itu Bas juga dipilih menjadi anggota Komite Gabungan (Gemeinsamer Ausschuss) Bundesrat dan Bundestag.

In the 2009 federal election, Bas was elected in the constituency of Duisburg I for the SPD as an MP in the 17th German Bundestag. In the 2013 federal election and in the 2017 federal election, she was able to defend her direct mandate. In the 17th Bundestag she was a full member of the Committee on Health, to which she continued to be a deputy member since in the 18th Bundestag. Since 2014, she has been a member of the parliament's Council of Elders, which – among other duties – determines daily legislative agenda items and assigns committee chairpersons based on party representation. She is also a deputy member of the (Joint Committee) of the Bundesrat and Bundestag.

Presiden Bundestag: 2021–Sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Oktober 2021, Bas dipilih menjadi Presiden Ke-14 Bundestag untuk Bundestag Ke-20 dengan perolehan suara 576 suara mendukung dan 90 suara menentang serta 58 suara abstain. Bas menjadi Presiden perempuan Bundestag ketiga setelah Annemarie Renger (SPD) dan Rita Süssmuth (CDU).[3]

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SPD-Politikerin Bärbel Bas zur Bundestagspräsidentin gewählt". 
  2. ^ a b Bärbel Bas, SPD, Bundestag.de
  3. ^ "Bundestag".