Presiden Angola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan di Angola. Sementara, Presiden menunjuk Perdana Menteri, eksekutif wewenang biasanya dimiliki kepada Presiden.

Posisi Presiden tanggal dari kemerdekaan Angola dari Portugal. Agostinho Neto menjabat ketika Marxis-nya Gerakan Populer untuk Pembebasan Angola (MPLA) memenangkan kontrol negara dari Portugis. Ketika Neto meninggal pada tahun 1979, José Eduardo dos Santos menggantikan dia.

Di bawah kepemimpinan Dos Santos, Angola menjadi demokrasi multi-partai. Pemilu yang terbaru, yang diadakan pada tahun 1992, terpilih kembali Dos Santos dengan 49% suara. Lawan Dos Santos, Jonas Savimbi dari partai Uni Nasional untuk Kemerdekaan Total Angola (UNITA), mengklaim bahwa pemilu itu curang.

Pada bulan Januari 2010 Majelis Nasional menyetujui konstitusi baru, yang menurutnya pemimpin partai dengan kursi terbanyak dalam Majelis akan menjadi presiden, daripada suara publik terjadi. Konstitusi baru juga membatasi presiden untuk melayani dua istilah, meskipun tidak masuk hitungan istilah berfungsi untuk tanggal, dan menghapuskan jabatan Perdana Menteri, tanggung jawab yang akan lolos ke presiden-wakil.[1]

Daftar Presiden Angola (1975-Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Angola topics Templat:AngolanPresidents Templat:Heads of state and government of African states