Lompat ke isi

Prefektur praetoria Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Prefektur praetoria Italia
Praefectura praetorio Italiae
Prekektur praetoria di Kekaisaran Romawi
324–584

Prefektur praetorian dari Kekaisaran Romawi pada 395 AD.
Ibu kotaRavenna dari 476[butuh rujukan]
Sejarah
Era sejarahAbad Kuno Akhir
• Didirikan
324
476
493
• Awal Perang Gothic
535
568
• Pendirian Eksarkat Ravenna
584
Didahului oleh
Digantikan oleh
Roman Itali
Kingdom of Italy
Exarchate of Ravenna
Kingdom of the Lombards

Prefektur praetoria Italia (bahasa Latin: Praefectura praetorio Italiae, dalam nama lengkapnya (hingga 356) praefectura praetorio Italiae, Illyrici et Africae) adalah salah satu dari empat prefektur praetoria yang menjadi tempat pembagian Kekaisaran Romawi Akhir. Wilayah ini terdiri dari semenanjung Italia, Balkan barat, provinsi Danubia, dan sebagian Afrika Utara. Kedudukan Prefektur berpindah dari Roma ke Milan dan akhirnya, Ravenna.

Sejarah dan struktur[sunting | sunting sumber]

Namun para prefek terus dibuktikan hingga abad ke-7. Pemegang terakhir yang dibuktikan terdapat pada tahun 639, dan beberapa segel yang menyandang gelar eparchos ("prefek" dalam bahasa Yunani) bertahan sejak akhir abad ke-7, meskipun ada dugaan bahwa segel tersebut salah cetak untuk exarchos ("eksarkat").[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nesbitt, John; Oikonomides, Nicolas, ed. (1994). [[[:Templat:Gbooks]] Catalogue of Byzantine Seals at Dumbarton Oaks and in the Fogg Museum of Art, Volume 2: South of the Balkans, the Islands, South of Asia Minor] Periksa nilai |url= (bantuan). Washington, DC: Dumbarton Oaks Research Library and Collection. hlm. 16. ISBN 0-88402-226-9.