Potongan sutradara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Potongan sutradara atau penggalan sutradara adalah versi suntingan dari sebuah film (atau video permainan, seri televisi, rekaman musik, atau komersial) yang dianggap mewakili suntingan sutradara yang disetujui, berbeda dengan rilis teatrikal. "Penggalan" secara eksplisit mengacu pada proses penyuntingan film dan permainan; dalam mempersiapkan sebuah film untuk dirilis, penggalan sutradara didahului dengan penyusunan penggalan penyunting kasar dan biasanya diikuti dengan penggalan adegan terakhir yang dimaksudkan untuk rilis film kepada khalayak ramai dan rilis video game.

Penggalan film sutradara Rtidak dirilis ke publik karena pada sebagian besar film sutradara tidak memiliki hak istimewa penggalan akhir. Mereka yang memiliki uang yang diinvestasikan dalam film tersebut, seperti perusahaan produksi, penyalur, atau lokakarya, dapat melakukan perubahan yang dimaksudkan untuk membuat film tersebut lebih menguntungkan di kantor tiket. Ini terkadang berarti akhir yang lebih bahagia atau lebih sedikit kesalahpahaman, atau mengecualikan adegan yang akan mendapatkan peringkat yang lebih membatasi penonton, tetapi lebih sering berarti bahwa film tersebut dipersingkat untuk menyediakan lebih banyak pemutaran per hari.

Dengan maraknya video rumahan, frasa tersebut menjadi lebih umum digunakan sebagai istilah pemasaran (termasuk media seperti buku komik dan album musik, yang keduanya tidak memiliki sutradara), dan bentuk penggalan sutradara yang paling sering terlihat adalah potongan di mana adegan tambahan dan karakter ditambahkan, seringkali membuat potongan sutradara jauh lebih panjang daripada penggalan adegan terakhir.

Edisi penggalan panjang dan khusus[sunting | sunting sumber]

Terpisah dari potongan sutradara adalah potongan alternatif yang dirilis sebagai "edisi khusus" atau "penggalan panjang". Versi ini sering disatukan untuk video rumahan bagi penggemar, dan jangan disamakan dengan 'penggalan sutradara'. Misalnya, meskipun merilis versi diperpanjang dari trilogi The Lord of the Rings miliknya, Peter Jackson mengatakan kepada IGN pada tahun 2019 bahwa “versi teatrikal adalah versi definitif, saya menganggap penggalan yang diperpanjang sebagai hal baru bagi para penggemar yang benar-benar ingin melihat unsur tambahan".

"Pengertian tradisional dari istilah 'Penggalan Sutradara' menunjukkan pemulihan adicita asli seorang sutradara, bebas dari batasan kreatif apa pun. Ini menunjukkan bahwa pembuat film akhirnya mengatasi campur tangan eksekutif studio yang keras, dan bahwa film tersebut telah dipulihkan ke bentuk aslinya yang tidak dirusak. Tidak demikian halnya dengan "Alien": Penggalan Sutradara. Itu benar-benar wujud yang berbeda dari sebelumnnya."[1]

—Ridley Scott

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ridley Scott (Director) (December 2, 2003). Alien Quadrilogy (DVD booklet). Los Angeles: 20th Century Fox Home Entertainment, Inc.