Post hoc ergo propter hoc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Post hoc ergo propter hoc, bahasa Latin untuk "setelah ini, oleh karena itu karena ini", adalah sebuah kesesatan logis (penyebab berbagai dipertanyakan) yang menyatakan "Sejak peristiwa Y mengikuti peristiwa X, peristiwa Y pasti disebabkan oleh peristiwa X." Hal ini sering disingkat menjadi hanya post hoc. Hal ini agak berbeda dari kesalahan cum hoc ergo propter hoc, di mana dua hal atau peristiwa terjadi bersamaan atau urutan kronologis tidak signifikan atau tidak dikenal, juga disebut sebagai penyebab palsu, korelasi kebetulan, atau korelasi tidak sebab-akibat.

Post hoc adalah kesalahan yang sangat menggoda karena urutan temporal tampaknya integral kausalitas. Kesalahan terletak pada datang ke suatu kesimpulan hanya berdasarkan urutan peristiwa, daripada memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin menyingkirkan sambungan peristiwa tersebut.

Pola[sunting | sunting sumber]

Bentuk hoc fallacy pos dapat dinyatakan sebagai berikut:

  • A terjadi, maka B terjadi.
  • Oleh karena itu, A menyebabkan B.

Ketika B tidak diinginkan, pola ini sering diperluas secara terbalik: Menghindari A akan mencegah B.

Contoh[sunting | sunting sumber]

"Saya tidak bisa membantu tetapi berpikir bahwa anda adalah penyebab masalah ini, kita tidak pernah punya masalah dengan tungku itu sampai anda pindah ke apartemen ini." Manajer rumah apartemen, disitu tidak ada alasan lain selain prioritas temporal hunian penyewa baru, menyatakan bahwa kehadiran penyewa memiliki beberapa hubungan kausal dengan penyebab tungku menjadi rusak.[1]


Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Episode kedua dari The West Wing, berjudul "Post Hoc, Ergo Propter Hoc", memanfaatkan frase.

Dalam episode pertama musim ketiga dari komedi situasi The Big Bang Theory, "The Electric Can Opener Fluctuation", Sheldon Cooper menyatakan kepada ibunya bahwa dia melakukan kesalahan logis ini.

Dalam komik Dinosaur berjudul Post Hoc Ergo Propter Hoc, T-Rex menunjukkan kesalahan logis ini dilakukan oleh Utahraptor.

Tim Minchin menjelaskan ungkapan ini dalam bukunya 2010 komedi khusus "Ready For This."

Episode ketiga belas dari musim keenam dan terakhir dari "Crossing Jordan" menggunakan "Post Hoc, Ergo Propter Hoc" sebagai judul episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Damer, T Edward (1995). Attacking Faulty Reasoning: A Practical Guide to Fallacy-Free Arguments (ed. 3rd.). Belmont, California: Wadsworth Publishing. hlm. 131. ISBN 978-0-534-21750-1. OCLC 30319422.  Text "Belmont, CA" ignored (help)