Portus Cale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Portus Cale (versi Latinisasi untuk "Pelabuhan Cale", nama Keltik asli Callaici, Cale) adalah suatu kota dan pelabuhan kuno di tempat yang sekarang ini utara Portugal, di daerah Grande Porto. Nama kota ini pada akhirnya mempengaruhi nama negara Portugal di kemudian hari.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Cale adalah suatu pemukiman awal yang terletak di mulut Sungai Douro, yang mengalir ke Samudra Atlantik di utara dari yang sekarang ini Portugal.

Penjelasan biasa untuk nama daerah itu adalah bahwa nama itu adalah sebuah etnonim dari bangsa Kastro, juga yang juga dikenal sebagai Callaeci, Gallaeci, atau atau Gallaecia, suatu bangsa yang menduduki bagian barat laut Semenanjung Iberia. NamaCallaici dan Cale adalah asal mula dari kata atau istilah yang dipergunakan saat ini Gaia, Galicia, dan -gal pada Portugal. Arti Cale atau Calle sangat mungkin berasal dari kata Keltik untuk pelabuhan yang akan memastikan keterkaitan sangat tua ke bahasa Keltik pra-Romawi. Bandingkan dengan istilah saat ini dalam bahasa Irlandia caladh atau Skotlandia cala, yang keduanya bermakna pelabuhan.

Ssejarawan Skotlandia abad pertengahan Hector Boece berpendapat bahwa nama Portugal berasal dari Porto Gatelli, nama yang diberikan oleh Gatelo untuk Braga ketika ia menetap di sana,[1] sementara yang lainnya berpendapat saat ia memberikan nama itu untuk Porto.[2][3]

Sejarawan lain berpendapat bahwa bangsa Yunani adalah bangsa yang pertama menempati Cale dan namanya berasal dari kata dalam bahasa Yunani Καλλις kallis, 'indah', mengacu pada keindahan lembah Douro. Yang lain berhipotesis bahwa kata Cale berasal dari kata bahasa Latin untuk 'hangat' (dengan demikian, Portus Cale berarti 'pelabuhan hangat').

Penaklukan oleh Romawi[sunting | sunting sumber]

Jenderal Romawi Decimus Junius Brutus Callaicus menaklukkan wilayah itu dan mendirikan kota Romawi Portus Cale sekitar tahun 136 SM.

Pada akhir kampanye militer Brutus, Roma menguasai wilayah antara Sungai Douro dan Minho ditambah kemungkinan ekstensi di sepanjang pantai dan di pedalaman. Tetapi, hanya di bawah kekuasaan Augustus, pada akhir abad ke-1 SM, yang sekarang ini utara Portugal dan Galicia sepenuhnya tenang dan terkendali di bawah kekuasaan Romawi. Selama pendudukan Romawi, kota ini berkembang sebagai pelabuhan komersial penting, terutama dalam perdagangan antara Olisipo (sekarang Lisboa) dan Bracara Augusta (sekarang Braga).[4]

Karena Kekaisaran Romawi menurun, daerah ini jatuh di bawah kekuasaan Suebi, antara tahun 410 dan 584. Penjajah Jermanik itu menetap terutama di daerah Braga (Bracara Augusta), Porto (Portus Cale), Lugo (Jessicams Agustus), dan Astorga (Asturica Augusta). Bracara Augusta, ibu kota Romawi Gallaecia, menjadi ibu kota Suebi. Karena perdagangan runtuh, Portus Cale mengalami penurunan.

Bangsa Jermanik lainnya, Visigoth, juga menginvasi Semenanjung Iberia dan akhirnya menaklukkan Kerajaan Suebi pada tahun 584. Wilayah sekitar Cale dikenal oleh Visigoth sebagai Portucale. Portus Cale jatuh saat invasi bangsa Moorish ke Semenanjung Iberia pada tahun 711.

Pada tahun 868, Vímara Peres, seorang panglima perang dari Gallaecia dan seorang pengikut Raja Asturias, Léon dan Galicia, Alfonso III, dikirim untuk merebut kembali dan mengamankan dari bangsa Moor daerah dari Sungai Minho sampai Sungai Douro, termasuk kota Portus Cale, dan mendirikan Condado Portucalense atau Condado de Portucale pertama. Dengan demikian, Portus Cale adalah nama sebelumnya dari yang saat ini adalah Porto dan daerah tepi sungai Vila Nova de Gaia, yang akan digunakan sebagai nama seluruh wilayah dan, kemudian, negara.

Asal mula nama Portugal[sunting | sunting sumber]

Nama Portugal berasal dari nama Romawi Portus Cale. Portucale berkembang menjadi Portugale pada abad ke-7 dan 8, dan pada abad ke-9, Portugale digunakan secara luas merujuk pada wilayah antara Sungai Douro dan Minho. Aliran Minho kemudian menjadi perbatasan utara antara Portugal dan Galicia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Proceedings of the Royal Irish Academy. Royal Irish Academy. 1864. hlm. 382. 
  2. ^ Michaud, Joseph Fr.; Michaud, Louis Gabriel (1832). Biographie universelle, ancienne et moderne. Michaud. hlm. 312. 
  3. ^ Fuentes, Alvaro Galmés de (2000). Los topónimos: sus blasones y trofeos (la toponimia mítica). Real Academia de la Historia. hlm. 111. ISBN 978-84-89512-79-5. 
  4. ^ Various (2011). "history of Porto - Google Search". google.co.uk. Diakses tanggal 5 July 2011.