Portal:Lady Gaga/Selected song/2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Just Dance" adalah single perdana oleh artis rekaman Amerika Lady Gaga. Lagu ini diproduksi oleh RedOne dan co-tulis oleh RedOne, Gaga dan Akon (yang juga memberikan vokal tambahan), sementara juga menampilkan labelmate Colby O'Donis. Dirilis pada tahun 2008 sebagai lead single dari album debut gaga The Fame. Lagu ini ditulis oleh Gaga dalam sepuluh menit sebagai "a happy record". "Just Dance" juga memiliki pengaruh R&B dan lirik berbicara tentang menjadi mabuk di sebuah klub.

Lagu secara telah kritis dihargai, dengan tinjauan memuji lagu-seperti klub nya alam dan synthpop yang terkait dengan itu. Lagu juga telah mencapai sukses komersial dengan topping grafik di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Republik Irlandia, Belanda dan Inggris, serta mencapai sepuluh di banyak negara lain. Di Amerika Serikat, "Just Dance" menjadi sleeping hit, menghabiskan hampir lima bulan di Billboard Hot 100 sebelum akhirnya mencapai puncak grafik pada Januari 2009, setelah dirilis pada April 2008. Ini mencetak third-biggest single-week, semua menjual 419.000 download hanya dalam satu minggu dan pergi untuk menjadi lagu terlaris ketiga sepanjang masa digital di AS.

Video musik dari lagu yang dipotret Lady Gaga muncul dalam sebuah pesta di mana ia memainkan lagu, mendorong partai-penonton untuk mulai menari dalam kenikmatan. Gaga membandingkan pengalamannya dari video shooting dengan berada di set Martin Scorsese. "Just Dance" ditampilkan oleh Gaga dalam sejumlah penampilan live termasuk tur headlining pertamanya The Fame Ball Tour dan The Monster Ball Tour di seluruh dunia. Pada tahun 2009, lagu itu menerima nominasi Grammy dalam kategori Best Dance Recording namun dikalahkan oleh Daft Punk duo elektronik untuk lagu mereka "Harder, Better, Faster, Stronger".

Baca lebih lanjut...