Portal:Korea Utara/Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daftar artikel pilihan[sunting sumber]

Artikel pilihan[sunting sumber]

Portal:Korea Utara/Artikel pilihan/1

Pertempuran Osan (bahasa Korea: 오산 전투) adalah keterlibatan pertama antara Amerika Serikat dan pasukan Korea Utara selama Perang Korea, pada tanggal 5 Juli 1950. Task Force Smith, sebuah gugus tugas AS 400 infanteri didukung oleh baterai artileri, dipindahkan ke Osan, sebelah selatan ibukota Korea Selatan Seoul, dan memerintahkan untuk melawan sebagai barisan belakang untuk menunda maju pasukan Korea Utara sementara tentara tambahan AS tiba di negara untuk membentuk garis pertahanan yang lebih kuat ke selatan.
Artikel pilihan lainnya... Bacaan selengkapnya...

Portal:Korea Utara/Artikel pilihan/2

Perang Korea (bahasa Korea: 한국전쟁) adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan yang terjadi sejak 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953. Perang ini juga disebut "perang yang dimandatkan" (Inggris: proxy war) antara Amerika Serikat bersama sekutu PBB-nya dengan komunis Republik Rakyat Tiongkok yang bekerjasam dengan Uni Soviet (juga anggota PBB). Peserta perang utama adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Sekutu utama Korea Selatan adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya, meskipun banyak negara lain mengirimkan tentara di bawah bendera PBB. Sekutu Korea Utara, seperti Republik Rakyat Tiongkok menyediakan kekuatan militer, sementara Uni Soviet yang menyediakan penasihat perang, pilot pesawat, dan juga persenjataan untuk pasukan Tiongkok dan Korea Utara.
Artikel pilihan lainnya... Bacaan selengkapnya...

Portal:Korea Utara/Artikel pilihan/3

Hotel Ryugyong (bahasa Korea: 류경호텔) (kadang diingriskan menjadi Hotel Ryu-Gyong atau Hotel Yu-Kyung) adalah pencakar langit berbentuk piramida berlantai 105 yang saat ini sedang dibangun Pyongyang, Korea Utara. Namanya ("ibu kota gandarusa") merupakan salah satu nama Pyongyang sebelumnya. Bangunan ini dikenal dengan nama 105 Building sesuai jumlah lantainya. Pembangunan dimulai tahun 1987, namun berhenti pada tahun 1992 karena Korea Utara mengalami krisis ekonomi setelah Uni Soviet bubar.
Artikel pilihan lainnya... Bacaan selengkapnya...