Port Loko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Port Loko
Port Loko, Sierra Leone
Country Sierra Leone
ProvinsiProvinsi Utara
DistrikDistrik Port Loko
Populasi
 • Total23.915
Zona waktuUTC-5 (GMT)

Port Loko adalah ibu kota dan kota terbesar kedua di Distrik Port Loko di Provinsi Utara Sierra Leone. Kota ini memiliki populasi 21.961 penduduk dalam sensus tahun 2004[1] dan perkiraan saat ini sebesar 23.915 penduduk. Port Loko terletak sekitar 45 mil sebelah timur dari Freetown. Daerah di dalam dan di sekitar Port Loko merupakan pusat penambangan bauksit dan perdagangan utama. Kota yang terletak di jalan raya utama yang menghubungkan Freetown ke ibu kota Guinea Conakry.

Port Loko adalah rumah bagi Port Loko Teacher's College, salah satu perguruan tinggi tertua dan paling terkenal di Sierra Leone. Port Loko memiliki stasiun radio lokal sendiri disebut Radio Bankasoka.[2][3]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Port Loko berada di muara Sungai Bankasoka, di sekitar batas efek pasang surut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Port Loko berasal dari orang Loko. Kota ini didirikan oleh pedagang Portugis. Namun, orang Temne kemudian mendominasi daerah.[4]

Etnis[sunting | sunting sumber]

Populasi Port Loko memiliki beragam etnis, meskipun kelompok etnis Temne mendominasi, dan Bahasa Temne digunakan secara luas di kalangan masyarakat Port Loko, bersama dengan Krio, yang merupakan bahasa nasional Sierra Leone.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Port Loko memiliki klub sepak bola bernama Bai Bureh Warriors. Klub tersebut saat ini bermain pada Divisi Pertama Nasional Sierra Leone, liga sepak bola tertinggi kedua di Sierra Leone.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Seperti wilayah Sierra Leone lainnya, Port Loko memiliki sistem edukasi dengan masa pendidikan sekolah dasar selama enam tahun (Kelas 1–6), dan enam tahun sekolah menengah (Form 1–6); sekolah menengah lebih lanjut dibagi kembali menjadi sekolah menengah pertama (Form 1–3) dan sekolah menengah umum (Form 4–6). Sekolah dasar biasanya dimulai sejak usia 6 hingga 12 tahun, dan sekolah menengah biasanya dimulai sejak usia 13 hingga 18 tahun. Pendidikan dasar tidak dipungut biaya dan diwajibkan dalam sekolah-sekolah umum yang didanai oleh pemerintah.

Tokoh terkemuka dari Port Loko[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sumber: Republic of Sierra Leone: 2004 Population and Housing Census: Analytical Report on Population Distribution, Migration and Urbanisation in Sierra Leone.
    Ibrahim Mohamed Sesay, Andrew A. Karam, Jinnah J. Ngobeh. Dipublikasi pada November 2006.
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-16. Diakses tanggal 2016-10-01. 
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-03. Diakses tanggal 2016-10-01. 
  4. ^ Fyfe, Christopher (1962). A Short History of Sierra Leone. London: Longmans. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]