Pompa hidraulik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fluid flow in an external gear pump
Aliran fluida dalam pompa roda gigi eksternal.

Pompa hidraulik digunakan dalam sistem penggerak hidraulik dan dapat berupa hidraustatik atau hidraudinamik. Pompa hidraulik merupakan sumber tenaga mekanis yang mengubah tenaga mekanis menjadi energi hidraulik (energi hidraustatik yaitu aliran, tekanan), sehingga menghasilkan aliran dengan daya yang cukup untuk mengatasi tekanan yang disebabkan oleh beban pada outlet pompa. Ketika pompa hidraulik beroperasi, pompa ini menciptakan ruang hampa udara di lubang masuk pompa, yang memaksa cairan dari tempat penampungannya bergerak ke saluran masuk menuju pompa dan dengan gerakan mekanis mengirimkan cairan ini ke outlet pompa yang kemudian memaksanya masuk ke sistem hidraulik.

Pompa hidraustatik adalah pompa perpindahan positif, sedangkan pompa hidraudinamik dapat menjadi pompa perpindahan tetap, yang perpindahannya (aliran melalui pompa per rotasi pompa) tidak dapat disesuaikan, atau menjadi pompa perpindahan variabel, yang memiliki konstruksi yang lebih rumit sehingga memungkinkan perpindahan dapat disesuaikan. Pompa hidraudinamik lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis pompa hidraustatik yang ada, semuanya bekerja berdasarkan prinsip hukum Pascal.

Pompa roda gigi dengan gigi internal.

Pompa roda gigi (dengan gigi luar) (perpindahan tetap) adalah pompa sederhana dan ekonomis. Perpindahan pompa roda gigi untuk hidraulik berkisar antara 1 hingga 200 mililiter dan memiliki efisiensi volumetrik terendah ( ) dari ketiga jenis pompa dasar (roda gigi, baling-baling dan pompa piston)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parr, Andrew (2011). "Hydraulics and Pneumatics a technician's and engineer's guide", p. 38. Elsevier.