Sistem penggerak hidraulik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prinsip sistem penggerak hidraulik

Sistem penggerak hidraulik adalah penggerak semi-hidraustatik atau sistem transmisi yang menggunakan fluida hidraulik bertekanan untuk memberi daya pada mesin hidraulik. Istilah hidraustatik mengacu pada transfer energi dari perbedaan tekanan, bukan dari energi kinetik aliran.

Sistem penggerak hidraulik terdiri dari tiga bagian: generator (misalnya pompa hidraulik), digerakkan oleh motor listrik atau pembakaran mesin atau kincir angin; katup, filter, pipa, dan lainnya (untuk memandu dan mengendalikan sistem), serta aktuator (contohnya motor hidraulik atau silinder hidraulik) untuk menggerakkan mesin.

Keuntungan penting dari penggerak hidraulik adalah kerapatan daya yang tinggi: massa penggerak hidraulik beberapa kali lebih kecil daripada massa penggerak listrik dengan daya yang sama.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aranovskiy S.V.; Losenkov A.A.; Vazquez C. (2015). "Tracking control for a hydraulic drive with a pressure compensator". Scientific and Technical. Journal of Information Technologies, Mechanics and Optics. 15 (4): 615–622.