Politeknik Hasnur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Hasnur
Politeknik Hasnur
Moto dalam bahasa Inggris
Stairs to the Future
JenisPerguruan Tinggi Swasta
DidirikanJune 11, 2012
DirekturTesdiq Prigel Kaloka, M.Si
Alamat
Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Handil Bakti Ray V, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Indonesia 70581
, , ,
Warna  Biru
Nama julukanPolihasnur/Polhas
Situs webhttp://www.polihasnur.ac.id

Politeknik Hasnur yang disingkat Polihasnur/Polhas adalah sebuah institusi pendidikan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Hasnur Centre. Sistem pendidikan yang digunakan adalah jalur vokasi yang lebih banyak menekankan pada penguasaan keahlian dan keterampilan.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Politeknik Hasnur mendapat izin penyelenggaraan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 223/E/O/2012 tanggal 11 Juni 2012, dan diresmikan pada tanggal 9 Februari 2013 oleh Mendikbud Prof. Muhammad Nuh, DEA.[2]

Saat awal berdiri, Polihasnur memiliki tiga program studi yaitu D3 Teknik Otomotif, D3 Teknik Informatika, dan D3 Budidaya Tanaman Perkerkebunan.

Namun sejak tahun 2023, Politeknik Hasnur membuka program Sarjana Terapan yaitu D4 Bisnis Digital, D4 Akuntansi Bisnis Digital, D4 Manajemen Pemasaran Internasional, dan D4 Teknologi Rekayasa Multimedia.[3]

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Politeknik Hasnur memiliki visi dan misi sebagai berikut:

Visi:

“Menjadikan Politeknik yang Unggul Berbasis Kompetensi Kerja dan Berkarakter Kewirausahan serta Profesional di Bidangnya.”

Misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan vokasi integratif dan bermutu, memiliki relevansi kompetensi kerja yang sesuai kebutuhan dunia usaha maupan industri serta didukung oleh leadership, managerial skills, entrepreneurship.
  2. Melaksankan penelitian terapan maupun riset inovasi IPTEKS dalam produk atau konsep yang berdaya guna untuk kegiatan produktif lembaga, pengembangan keilmuan, peningkatan mutu perekonomian masyarakat serta industri.
  3. Berperan aktif dalam program pengabdian masyarakat dengan memberikan solusi dari segi kepraktisan dan kemanfaatan, untuk mendorong daya saing.
  4. Meningkatkan mutu lembaga secara berkelanjutan dengan sistem tata kelola yang baik (good governance) melalui standarisasi secara internal dan eksternal.[4]

Alamat[sunting | sunting sumber]

Kampus 1: Jl. Brigjend H. Hasan Basri KM 11 Ray 5, Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Kampus 2: Wetland Square, Jl. Jend. Ahmad Yani KM 3,5 No. 115A, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. [5]

Program studi[sunting | sunting sumber]

  1. D3 Teknik Informatika
  2. D3 Teknik Otomotif
  3. D3 Budidaya Tanaman Perkebunan
  4. D4 Bisnis Digital
  5. D4 Akuntansi Bisnis Digital
  6. D4 Manajemen Pemasaran Internasional
  7. D4 Teknologi Rekayasa Multimedia [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Iskandar, Ina. "Proses Mini Audit sebagai Sistem Pengendalian Internal di Yayasan Hasnur Centre Unit Kerja Politeknik Hasnur" (PDF). Diakses tanggal 12 Maret 2024. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

"Politeknik Hasnur". Diakses tanggal 2024-03-08. 

"Brosur Politeknik Hasnur" (PDF). Diakses tanggal 2024-03-08.