Poksai kuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Poksai kuda
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Timaliidae
Genus: Garrulax
Spesies: G. rufifrons
Nama binomial
Garrulax rufifrons
Lesson, 1831

Poksai kuda (bahasa Latin: Garrulax rufifrons) adalah spesies burung dari keluarga Timaliidae, dari genus Garrulax. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah kecil, kumbang, serangg dan memiliki habitat di hutan pegunungan tersebar pada ketinggian 1.000-2.400 m dpl. Spesies ini merupakan spesies yang endemik terhadap Indonesia.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Poksai kuda memiliki tubuh berukuran besar (27 cm). Bagian atas coklat zaitun. bagian bawah coklat kuning. Dahi dan adgu merah. Pipi keabu-abuan. Tenggorokan coklat pucat. Tubuh kadang tersapu coklat karat. Iris jingga kekuningan, paruh hitam, kaki hijau kecoklatan. Terbang dalam kelompok kecil yang ribut. Tinggal di lapisan bawah hutan primer pegunungan. Kadang mencari makan serangga pada pohon tinggi. Sering berbaur dengan jenis lain.

Sarang berbentuk cawan kuat, pada cabang horisontal dekat permukaan tanah. Telur berwarna hijau biru, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan Mei, Juni, September.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Jawa Barat, Jawa Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Garrulax rufifrons". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012.