Poison (cerpen)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Poison adalah sebuah cerita pendek karya Roald Dahl yang pertama kali diterbitkan pada bulan Juni 1950 di majalah Collier's.

Ringkasan alur cerita[sunting | sunting sumber]

Cerita ini berlatar belakang di India selama periode kolonial Inggris. Tokoh utamanya adalah Harry Pope dan narator cerita ini adalah Timber Woods. Timber mendapati Harry terbaring di tempat tidur, tidak bergerak, berkeringat, dan panik. Harry menjelaskan bahwa seekor ular berbisa berjenis krait telah merayap ke atas perutnya di bawah selimut dan meminta Timber untuk memanggil dokter. Timber kemudian menelepon Dr. Ganderbai, seorang dokter lokal India, yang segera datang untuk membantu. Timber dan Dr. Ganderbai berusaha disertai panik untuk melepaskan ular dari Harry dengan berbagai cara, termasuk membius ular tersebut dan memberikan antivenom kepada Harry. Namun, seiring berjalannya cerita, terungkap bahwa sebenarnya tidak ada ular di atas tubuh Harry.

Setelah kepanikan mereda, Ganderbai bertanya apakah Harry benar-benar yakin ada ular. Harry, yang tersinggung dan merasa Ganderbai menyebutnya pembohong, menghina dokter tersebut dengan kata-kata yang bernada rasial. Saat Dr. Ganderbai hendak meninggalkan ruangan, Timber mengucapkan terima kasih dan meminta maaf atas perilaku Harry. Timber mencoba meyakinkan Dr. Ganderbai bahwa kloroform telah mempengaruhi perilaku Harry. Ketika Dr. Ganderbai keluar dari rumah, ia berkomentar bahwa yang dibutuhkan Harry hanyalah liburan yang menyenangkan.[1]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Poison pertama kali diadaptasi menjadi sebuah episode program radio Escape pada tahun 1950. Pada tahun 1958, cerita ini diadaptasi menjadi episode dari serial televisi Alfred Hitchcock Presents, yang disutradarai oleh Alfred Hitchcock.[2] Pada tahun 1980, cerita ini kembali diadaptasi menjadi episode kelima dari seri kedua Tales of the Unexpected.[3] Pada tahun 2023, sutradara Wes Anderson mengadaptasi cerita ini menjadi film pendek untuk Netflix,[4] dengan Benedict Cumberbatch berperan sebagai Harry, Dev Patel sebagai Timber, dan Ben Kingsley sebagai Dr. Ganderbai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Warren, Alan (1988). Roald Dahl. Starmont House. hlm. 34–35. ISBN 978-1-55742-013-8. Diakses tanggal 2008-10-25. 
  2. ^ Gottlieb, Sidney (2003). Alfred Hitchcock. University Press of Mississippi. hlm. liii. ISBN 978-1-57806-562-2. Diakses tanggal 2008-10-25. 
  3. ^ ""Tales of the Unexpected" Poison (TV Episode 1980) - IMDb". IMDb. Diakses tanggal 5 July 2021. 
  4. ^ "Wes Anderson Speaks Out Against Roald Dahl Book Censorship in Venice". Rolling Stone. Diakses tanggal 3 August 2023.