Poenitentiam agite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Istilah Latin Poenitentiam agite digunakan pada bagian pertama Sembilan Puluh Lima Tesis dari Martin Luther, dan berbagai diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "Repent" atau "Do Penance".[1] Ungkapan itu juga digunakan sebagai seruan oleh Gerakan Dulcinian dan pendahulunya, the Apostolik Brethren, dua gerakan radikal dari Medieval periode.[2]

Istilah ini adalah bagian dari kutipan yang lebih besar dari terjemahan Vulgata St. Jerome Mt. 3:2 (seperti yang dikatakan oleh Yohanes Pembaptis) dan Mt. 4:17 (sebagaimana diulangi oleh Yesus dari Nazaret): Bertobatlah: karena kerajaan surga sudah dekat ("Bertobatlah: Kerajaan Surga sudah dekat").

Istilah ini diterjemahkan dari perintah bahasa Yunani asli μετανοεῖτε (transliterasi bahasa Inggris: "metanoeite"), yang diterjemahkan oleh beberapa penerjemah pasca-Vulgata (termasuk Erasmus) dalam bahasa Latin sebagai "resipiscite" – sebuah terjemahan yang mendukung konotasi mengubah keadaan batin seseorang, daripada konotasi terlibat dalam tindakan pertobatan eksternal. Kata Yunani μετανοεῖτε diterjemahkan sebagai alternatif dalam Vulgata di Mk. 1:15 sebagai "pœnitemini," terjemahan yang konotasinya lebih mirip dengan "resipiscite." Isu translasi sering digunakan untuk membenarkan posisi-posisi tentang masalah tobat sakramental.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Teriakan singkat Penitenziagite memperlihatkan dua biksu sebagai mantan anggota gerakan Dulcinian dalam The Name of the Rose, novel karya Umberto Eco dan film homonim karya Jean-Jacques Annaud.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Campbell, George (1837). The Four Gospels, Translated from the Greek, with Preliminary Dissertations, and Notes Critical and Explanatory, Vol. I. New York: Gould and Newman. hlm. 358. ISBN 978-0-559-84612-0. 
  2. ^ Fra Dolcino Diarsipkan 2008-11-19 di Wayback Machine. Il Grido (dalam bahasa Italia)