Playboy (gaya hidup)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Playboy adalah gaya hidup pria kaya dengan waktu yang dijalani untuk waktu luang, yang secara demonstratif adalah bon vivant (menikmati kesenangan dunia, khususnya wanita). Istilah "playboy" menjadi populer pada awal sampai pertengahan abad ke-20 dan terkadang dipakai untuk menyebut penyuka wanita.

Playboy terkenal[sunting | sunting sumber]

Porfirio Rubirosa, yang tewas dalam kecelakaan mobil pada 1965, merupakan contoh orang yang menjalani gaya hidup playboy.[1][2] Diplomat tersebut mengklaim tak ada waktu untuk bekerja, sibuk menjalani waktu dengan wanita, menikah singkat dan berhubungan dengan dua wanita terkaya di dunia, minum-minum dan berjudi dengan teman-temannya, bermain polo, balap mobil dan menerbangkan pesawatnya dari pesta ke pesta. Ia dikaitkan dengan para playboy terkenal lainnya pada masanya yakni Aly Khan,[1] "Baby" Francisco Pignatari,[1] dan kemudian, Gunther Sachs,[1] yang menyebut dirinya sendiri sebagai seorang homo ludens.[2]

Orang lain yang mengadopsi gaya hidup playboy meliputi Hugh Hefner, Julio Iglesias, George Best, Imran Khan, James Hunt, Howard Hughes,[1] Averell Harriman,[3] Errol Flynn,[1] Fernando Lamas, Pangeran Alfonso dari Hohenlohe-Langenburg, Brandon Villalobos, Gianni Agnelli,[1] Silvio Berlusconi, John F. Kennedy,[1] Alessandro "Dado" Ruspoli,[1] Carlos de Beistegui,[1] Count Theodore Zichy,[4] David Frost,[5] dan Bernard Cornfeld.

Playboy-playboy fiksi meliputi Bruce Wayne dari waralaba DC Comics Batman dan Tony Stark dari Marvel Entertainment.

Pegulat profesional Buddy Rose berjudul Playboy pada masa kariernya.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j "The 12 Original Playboys of the Jetset Sixties". Kempt.com. UrbanDaddy. August 17, 2011. Diakses tanggal 2011-08-24. 
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama dr
  3. ^ "Three Americans In London, Fighting For War". npr.org. NPR. February 3, 2010. Diakses tanggal 2016-08-25. 
  4. ^ Zichy on the 'Art & Popular Culture' website
  5. ^ "When the playboy met the liar". theguardian.co.uk. Theguardian. August 1, 2006. Diakses tanggal 2013-02-05. 
  6. ^ "Buddy Rose". WWE.com. WWE. Diakses tanggal January 3, 2015. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]