Piso-piso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Piso-piso
Aeoliscus strigatus
Status konservasi
Kekurangan data
IUCN65135062
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoSyngnathiformes
FamiliCentriscidae
GenusAeoliscus
SpesiesAeoliscus strigatus
Günther, 1861
Tata nama
Sinonim takson
  • Amphisile strigata Günther, 1861
  • Centriscus strigatus (Günther, 1861)[1]

Aeoliscus strigatus, juga dikenal sebagai piso-piso, adalah anggota famili Centriscidae dari ordo Syngnathiformes . Ikan unik ini mengadopsi posisi kepala ke bawah, ekor ke atas sebagai adaptasi untuk bersembunyi di antara duri bulu babi . [2] Piso-piso ditemukan di perairan pantai di Pasifik Indo-Barat.[3] Habitat alaminya meliputi hamparan rumput laut dan terumbu karang, tempat ditemukannya bulu babi .[4]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Piso-piso mudah dikenali karena bentuk tubuhnya yang khas serta caranya bergerak dalam kelompok sinkron dengan kepala di bawah. Ini adalah ikan kecil dengan ukuran maksimum 15 cm (5,9 in) panjang, tubuhnya direntangkan diakhiri dengan "paruh" halus yang panjang. Siripnya sangat berkurang dan transparan. Permukaan punggung ikan pisau cukur ditutupi oleh pelat tulang pelindung. Mereka memanjang melewati ujung tubuh dan melewati sirip ekor, yang berakhir di tulang belakang yang tajam. Pita median hitam ke coklat membentang di sepanjang ikan yang juga melintasi mata. Warna tubuh bervariasi dengan habitatnya. Di lingkungan lamun, warna dasar tubuhnya bisa kuning kehijauan dengan garis-garis coklat muda. Di daerah terbuka seperti hamparan pasir, puing-puing atau dekat dengan terumbu karang, maka warna tubuh menjadi perak muda dengan garis hitam sampai coklat.[5] Tidak ada dimorfisme seksual yang diketahui.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Ikan piso-piso terutama memakan udang air asin kecil dan invertebrata kecil lainnya. [2] [6] Mereka juga diketahui memakan krustasea kecil.[7] Di alam liar mereka diamati bersembunyi di duri bulu babi, baik sebagai mekanisme pertahanan maupun sebagai mekanisme berburu. Saat terancam oleh ikan yang lebih besar, ikan pisau cukur melesat ke bulu babi terdekat atau karang staghorn [8] untuk perlindungan. Piso-piso berburu di antara duri bulu babi, terutama dari genus Diadema, [8] dan menunggu invertebrata kecil yang memakan bulu babi. Saat mangsanya mendekat, piso-piso akan melesat keluar dan mencoba menangkap makan malamnya. [2]

Spesies ini bersifat ovipar dan telur serta larva bersifat pelagis, remaja menetap ketika mencapai 20 milimeter (0,79 in) panjang, sering memilih untuk hidup di antara duri bulu babi Diadema . [9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Aeoliscus

  1. ^ a b Cameron, C.; Pollom, R. (2016). "Aeoliscus strigatus". The IUCN Red List of Threatened Species. 2016: e.T65135062A67618768. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-1.RLTS.T65135062A67618768.en. 
  2. ^ a b c "Eyewitness handbooks Aquarium Fish: The visual guide to more than 500 marine and freshwater fish varieties" By Dick Mills.
  3. ^ "Fatos sobre Aeoliscus strigatus - Enciclopédia da Vida". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-15. Diakses tanggal 2013-08-28. 
  4. ^ Ecology Summary – Aeoliscus strigatus
  5. ^ Kuiter, Rudie.
  6. ^ Ewald Lieske & Robert Myers.
  7. ^ Aeoliscus strigatus – Jointed Razorfish – Discover Life
  8. ^ a b Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2006). "Aeoliscus strigatus" di situs FishBase. Versi April 2006.
  9. ^ Dianne J. Bray; Vanessa J. Thompson. "Aeoliscus strigatus". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 14 June 2018.