Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest
Pirates of the caribbean 2 poster b.jpg
Poster film
Sutradara Gore Verbinski
Produser Jerry Bruckheimer
Penulis Karakter:
Ted Elliott
Terry Rossio
Stuart Beattie
Jay Wolpert
Skenario:
Ted Elliott
Terry Rossio
Pemeran Johnny Depp
Orlando Bloom
Keira Knightley
Bill Nighy
Stellan Skarsgård
Jack Davenport
Kevin McNally
Jonathan Pryce
Tom Hollander
Naomie Harris
Musik Hans Zimmer
Sinematografi Dariusz Wolski
Penyunting Stephen E. Rivkin
Craig Wood
Distributor Walt Disney Company
Buena Vista Pictures
Tanggal rilis 7 Juli 2006
Durasi 150 menit
Negara  Amerika Serikat
Anggaran $225 juta[1]
Didahului oleh Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl
Diikuti oleh Pirates of the Caribbean: At World's End

Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest adalah sebuah film petualangan yang dirilis pada tahun 2006. Film ini merupakan seri kedua dari trilogi Pirates of the Caribbean. Film yang disutradarai oleh Gore Verbinski, dan diproduseri oleh Jerry Bruckheimer.

Johnny Depp, Orlando Bloom, dan Keira Knightley kembali berperan sebagai Captain Jack Sparrow, Will Turner, dan Elizabeth Swann. Tokoh lain yang muncul kembali adalah Komodor James Norrington yang diperankan oleh Jack Davenport, dan tokoh Gubernur Weatherby Swann yang diperankan oleh Jonathan Pryce. Tampil juga Bill Nighy yang berperan sebagai tokoh antagonis Davy Jones, dan Stellan Skarsgård yang memerankan tokoh "Bootstrap Bill" Turner, ayah Will Turner.

Film ini diluncurkan pertama kali di Australia dan Inggris pada tanggal 6 Juli 2006, mengikuti kemudian di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 7 Juli 2006. Pada bulan November 2006, film ini telah berhasil meraup keuntungan sebesar $423 juta di Amerika Serikat dan kanada serta menjadi film ketiga di dunia yang berhasil meraup keuntungan sebesar $1 miliar. Pirates of the Caribbean: At World's End dijadwalkan akan meneruskan film ini pada tanggal 25 Mei 2007.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Informasi tentang lanjutan cerita pertama Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl telah diumumkan di Disney Investor Conference Studio Presentation pada tahun 2005. Ketika itu diumumkan bahwa judul dari film kedua tersebut adalah Dead Man's Chest sementara film ketiganya, At World's End dijanjikan akan diluncurkan pada bulan may tahun 2007.

Kedua film Pirates of the Caribbean mengambil lokasi di Costa Alegre, di Jalisco (Mexico) dan Barrouallie, St. Vincent. Untuk film keduanya, Dominika dan Kepulauan Bahama juga diambil sebagai lokasi tambahan. Syuting kedua film ini dilakukan secara berkesinambungan (back-to-back).

Dead Man's Chest pertama kali dihadirkan (premiere) di Disneyland di Anaheim, California pada tanggal 24 Juni 2006, dua hari lebih awal dari pembukaan kembali atraksi Pirates of Caribbean setelah dilakukan beberapa penyesuaian yang didasari pada film keduanya. Penyesuaian itu termasuk perubahan jalan cerita dan penyesuaian Audio Animatronics sesuai dengan yang ada di filmnya. Atraksi yang sama juga diluncurkan kembali pada tanggal 6 Juli 2006 di Walt Disney World California.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pernikahan Elizabeth Swann (Keira Knightley) dan Will Turner (Orlando Bloom) terganggu oleh kehadiran Lord Cutler Beckett (Tom Hollander) dari East India Trading Company. Beckett mengancam akan mengeksekusi mereka dan mantan-komodor James Norrington (Jack Davenport) karena telah membantu Jack Sparrow melarikan diri. Beckett menjanjikan pengampunan jika Will bisa menangkap Jack Sparrow dan mengambil kompasnya dan sebelum hal itu dilakukan, Elizabeth akan tetap di tahan, Will pun menyetujuinya. Setelah melalui perjalanan panjang, Will berhasil menemukan kapal Black Pearl terdampar di kepulauan Pelegosto, sebuah kepulauan yang dihuni suku kanibal dimana Jack dan kru kapalnya ditangkap. Jack awalnya berniat bersembunyi di sana setelah didatangi oleh "Bootstrap Bill" Turner, ayah Will yang sekarang diperbudak di kapal Flying Dutchman, sebelum akhirnya dia ditangkap suku kanibal tersebut. Bootstrap "mengantarkan" Black Spot, sebagai tanda bahwa inilah saatnya Jack membayar utangnya. Tiga belas tahun sebelumnya, Davy Jones, tuan dari Bootstrap, "menghidupkan" kembali kapal Black Pearl dan menjadikan Jack sebagai kapten. Sebagai gantinya, Jack harus mengabdikan dirinya di atas kapal Flying Dutchman selama 100 tahun atau dirinya akan ditelan Kraken, sang monster laut.

Will, Jack dan kru kapal berhasil melarikan diri dari Pelegosto, dan secara tak sengaja bertemu dengan Pintel and Ragetti, mantan kru kapal Black Pearl yang kemudian mereka rekut sebagai kru. Jack menunjukan sebuah gambar kunci yang ia janjikan akan membawa kekayaan dan kemahsyuran. Ia dapat menemukan kunci itu dengan bantuan sebuah kompas, namun sayangnya, ditangannya, kompas itu tidak dapat memberikan petunjuk apa-apa; jarum jamnya hanya berputar-putar tak tentu arah. Jack akhirnya menyetujui untuk memberikan kompas itu kepada Will jika Will mau membantu mendapatkan kunci itu. Mereka juga meminta bantuan kepada Tia Dalma (Naomie Harris), seorang dukun wanita. Dari Tia, Jack mengetahui bahwa kompas tersebut selalu menunjuk kepada apa yang paling diinginkan oleh orang yang memegangnya. Kompas itu tidak berfungsi ditangan Jack karena Jack tidak tahu apa yang sebenarnya ia kejar. Kunci itu, kata Tia, akan membuka Dead Man's Chest, sebuah peti yang berisi jantung Davy Jones. Siapapun yang memiliki jantung itu, akan menguasai lautan. Setelah kembali ke laut, Davy Jones berhasil menemukan mereka. Sparrow tiba-tiba mengajukan usul untuk memberikan Will sebagai ganti atas jiwanya. Tetapi Jones meminta lebih, ia meminta 100 nyawa untuk ditukarkan dengan nyawa Jack dengan tetap mengambil Will sebagai "uang muka."

Sementara itu, Gubernur Weatherby Swann berhasil membebaskan Elizabeth. Elizabeth pun datang menemui Beckett, ia memaksanya untuk mengesahkan surat marque (Letter of Marque)— sebuah dokumen yang diperuntukan untuk menjadikan Sparrow sebagai Privateer, tetapi yang terjadi sebenarnya adalah dia ingin mendapatkan izin untuk berlayar mencari Will. Ia pun pergi ke Tortuga untuk mencari Will, tetapi ia malah menemukan Jack dan Gibbs di sana, sedang merekrut kru-kru baru. "Kru" itu sebenarnya tidak akan dijadikan kru kapal mereka, melainkan sebagai kru Davy Jones (ingat, Davy menugaskan Jack untuk mencari 100 nyawa), karenanya mereka mencari orang-orang yang sudah patah semangat dan tidak memiliki keinginan untuk hidup, dan salah satu di antara mereka adalah mantan-komodor James Norrington yang karirnya hancur akibat ulah Jack. Jack kemudian berhasil meyakinkan Elizabeth bahwa ia akan menemui Will jika Elizabeth membantunya mendapatkan peti Davy. Dengan menggunakan kompas Jack, ia mendapatkan petunjuk. Mereka kemudian berlayar menuju Isla Cruces tanpa menyadari bahwa Davy Jones juga sedang berlayar ke sana. Dalam suatu adegan, muncul sebuah "petunjuk" bahwa Elizabeth sebenarnya menyukai Jack, hal ini ditunjukkan ketika kompas dipegang oleh Elizabeth, maka jarumnya akan mengarah ke Jack. Padahal saat Jack melihat kompas itu, jarumnya mengarah pada Elizabeth karena Elizabeth duduk tepat di atas peti Davy.

Jack Sparrow membuka peti yang berisi jantung Davy Jones.

Di Isla Cruces, Jack, Norrington, dan Elizabeth berhasil menemukan peti itu. Will, yang berhasil melarikan diri dari kapal Dutchman dengan bantuan ayahnya, Bootstrap Bill, datang kepulau membawa kunci peti yang berhasil ia rebut dari Davy. Will ingin menusuk jantung itu untuk membunuh Davy Jones sehingga ia bisa membebaskan ayahnya sementara Jack menginginkannya tetap berdetak sehingga ia bisa menguasai Davy Jones (dan secara tidak langsung menguasai lautan), Norrington pun menginginkan jantung itu dengan tujuan untuk mendapatkan kembali kehormatannya sebagai komodor; mereka pun berduel. Tapi duel mereka terganggu oleh kedatangan Dutchman, Norrington berhasil mencuri jantung dan Letter of Marque kemuduian lari dengan meninggalkan peti yang kosong. Kru Davy Jones kemudian membawa peti itu, tanpa menyadari bahwa peti itu sebenarnya kosong.

Jack sedang berusaha melawan Kraken.

Duthcman berusaha mengejar Black Pearl, kapal Jack, tapi gagal mendapatkannya. Sebagai gantinya, Jones memanggil Kraken. Entah karena strategi atau memang ia adalah seorang pengecut, Jack meninggalkan kapal dengan perahu cadangan, tetapi akhirnya ia kembali untuk menyelamatkan krunya. Ia kemudian memerintahkan untuk meninggalkan kapal sebelum Kraken menenggelamkannya. Menyadari bahwa Kraken itu sebenarnya hanya mengincar nyawa Sparrow, Elizabeth menjebak Jack dan memborgolnya di atas perahu. Kemudian Elizabeth membohongi kru kapal dengan mengatakan bahwa Jack tidak ingin meninggalkan Black Pearl dan ingin mati bersamanya. Jack berhasil meloloskan diri namun terlambat, Kraken muncul beberapa meter dibelakangnya. Jack bersama kapalnya kemudian ditarik tenggelam ke dasar laut. Davy Jones mengatakan bahwa utang sudah dilunasi, tetapi begitu ia menemukan bahwa peti miliknya kosong, ia marah dan mencari pencurinya. Semetara itu, Norrington menghadiahkan jantung tersebut kepada Beckett, dan sebagai gantinya, Beckett mengembalikan jabatan dan kehormatan Norrington sebagai komodor; kini Beckett menguasai lautan.

Sisa-sisa kru Black Pearl bersama Will dan Elizabeth mengunjungi Tia Dalma. Setelah menceritakan kejadian sebelumnya, Tia menanyakan apakah mereka rela berpetualang ke ujung dunia (World's End) untuk membawa kembali Jack dan kapalnya. Semua menyetujuinya, kemudian Tia berkata bahwa mereka membutuhkan kapten yang mengetahui daerah itu. Sangat mengejutkan, kapten Black Pearl sebelumnya, [[HectorPlot

Pernikahan Elizabeth Swann (Keira Knightley) dan Will Turner (Orlando Bloom) terganggu oleh kehadiran Lord Cutler Beckett (Tom Hollander) dari East India Trading Company. Beckett mengancam akan mengeksekusi mereka dan mantan-komodor James Norrington (Jack Davenport) karena telah membantu Jack Sparrow melarikan diri. Beckett menjanjikan pengampunan jika Will bisa menangkap Jack Sparrow dan mengambil kompasnya dan sebelum hal itu dilakukan, Elizabeth akan tetap di tahan, Will pun menyetujuinya. Setelah melalui perjalanan panjang, Will berhasil menemukan kapal Black Pearl terdampar di kepulauan Pelegosto, sebuah kepulauan yang dihuni suku kanibal dimana Jack dan kru kapalnya ditangkap. Jack awalnya berniat bersembunyi di sana setelah didatangi oleh "Bootstrap Bill" Turner, ayah Will yang sekarang diperbudak di kapal Flying Dutchman, sebelum akhirnya dia ditangkap suku kanibal tersebut. Bootstrap "mengantarkan" Black Spot, sebagai tanda bahwa inilah saatnya Jack membayar utangnya. Tiga belas tahun sebelumnya, Davy Jones, tuan dari Bootstrap, "menghidupkan" kembali kapal Black Pearl dan menjadikan Jack sebagai kapten. Sebagai gantinya, Jack harus mengabdikan dirinya di atas kapal Flying Dutchman selama 100 tahun atau dirinya akan ditelan Kraken, sang monster laut.

Will, Jack dan kru kapal berhasil melarikan diri dari Pelegosto, dan secara tak sengaja bertemu dengan Pintel and Ragetti, mantan kru kapal Black Pearl yang kemudian mereka rekut sebagai kru. Jack menunjukan sebuah gambar kunci yang ia janjikan akan membawa kekayaan dan kemahsyuran. Ia dapat menemukan kunci itu dengan bantuan sebuah kompas, namun sayangnya, ditangannya, kompas itu tidak dapat memberikan petunjuk apa-apa; jarum jamnya hanya berputar-putar tak tentu arah. Jack akhirnya menyetujui untuk memberikan kompas itu kepada Will jika Will mau membantu mendapatkan kunci itu. Mereka juga meminta bantuan kepada Tia Dalma (Naomie Harris), seorang dukun wanita. Dari Tia, Jack mengetahui bahwa kompas tersebut selalu menunjuk kepada apa yang paling diinginkan oleh orang yang memegangnya. Kompas itu tidak berfungsi ditangan Jack karena Jack tidak tahu apa yang sebenarnya ia kejar. Kunci itu, kata Tia, akan membuka Dead Man's Chest, sebuah peti yang berisi jantung Davy Jones. Siapapun yang memiliki jantung itu, akan menguasai lautan. Setelah kembali ke laut, Davy Jones berhasil menemukan mereka. Sparrow tiba-tiba mengajukan usul untuk memberikan Will sebagai ganti atas jiwanya. Tetapi Jones meminta lebih, ia meminta 100 nyawa untuk ditukarkan dengan nyawa Jack dengan tetap mengambil Will sebagai "uang muka."

Sementara itu, Gubernur Weatherby Swann berhasil membebaskan Elizabeth. Elizabeth pun datang menemui Beckett, ia memaksanya untuk mengesahkan surat marque (Letter of Marque)— sebuah dokumen yang diperuntukan untuk menjadikan Sparrow sebagai Privateer, tetapi yang terjadi sebenarnya adalah dia ingin mendapatkan izin untuk berlayar mencari Will. Ia pun pergi ke Tortuga untuk mencari Will, tetapi ia malah menemukan Jack dan Gibbs di sana, sedang merekrut kru-kru baru. "Kru" itu sebenarnya tidak akan dijadikan kru kapal mereka, melainkan sebagai kru Davy Jones (ingat, Davy menugaskan Jack untuk mencari 100 nyawa), karenanya mereka mencari orang-orang yang sudah patah semangat dan tidak memiliki keinginan untuk hidup, dan salah satu di antara mereka adalah mantan-komodor James Norrington yang karirnya hancur akibat ulah Jack. Jack kemudian berhasil meyakinkan Elizabeth bahwa ia akan menemui Will jika Elizabeth membantunya mendapatkan peti Davy. Dengan menggunakan kompas Jack, ia mendapatkan petunjuk. Mereka kemudian berlayar menuju Isla Cruces tanpa menyadari bahwa Davy Jones juga sedang berlayar ke sana. Dalam suatu adegan, muncul sebuah "petunjuk" bahwa Elizabeth sebenarnya menyukai Jack, hal ini ditunjukkan ketika kompas dipegang oleh Elizabeth, maka jarumnya akan mengarah ke Jack. Padahal saat Jack melihat kompas itu, jarumnya mengarah pada Elizabeth karena Elizabeth duduk tepat di atas peti Davy. Jack Sparrow membuka peti yang berisi jantung Davy Jones

Di Isla Cruces, Jack, Norrington, dan Elizabeth berhasil menemukan peti itu. Will, yang berhasil melarikan diri dari kapal Dutchman dengan bantuan ayahnya, Bootstrap Bill, datang kepulau membawa kunci peti yang berhasil ia rebut dari Davy. Will ingin menusuk jantung itu untuk membunuh Davy Jones sehingga ia bisa membebaskan ayahnya sementara Jack menginginkannya tetap berdetak sehingga ia bisa menguasai Davy Jones (dan secara tidak langsung menguasai lautan), Norrington pun menginginkan jantung itu dengan tujuan untuk mendapatkan kembali kehormatannya sebagai komodor; mereka pun berduel. Tapi duel mereka terganggu oleh kedatangan Dutchman, Norrington berhasil mencuri jantung dan Letter of Marque kemuduian lari dengan meninggalkan peti yang kosong. Kru Davy Jones kemudian membawa peti itu, tanpa menyadari bahwa peti itu sebenarnya kosong.

Duthcman berusaha mengejar Black Pearl, kapal Jack, tapi gagal mendapatkannya. Sebagai gantinya, Jones memanggil Kraken. Entah karena strategi atau memang ia adalah seorang pengecut, Jack meninggalkan kapal dengan perahu cadangan, tetapi akhirnya ia kembali untuk menyelamatkan krunya. Ia kemudian memerintahkan untuk meninggalkan kapal sebelum Kraken menenggelamkannya. Menyadari bahwa Kraken itu sebenarnya hanya mengincar nyawa Sparrow, Elizabeth menjebak Jack dan memborgolnya di atas perahu. Kemudian Elizabeth membohongi kru kapal dengan mengatakan bahwa Jack tidak ingin meninggalkan Black Pearl dan ingin mati bersamanya. Jack berhasil meloloskan diri namun terlambat, Kraken muncul beberapa meter dibelakangnya. Jack bersama kapalnya kemudian ditarik tenggelam ke dasar laut. Davy Jones mengatakan bahwa utang sudah dilunasi, tetapi begitu ia menemukan bahwa peti miliknya kosong, ia marah dan mencari pencurinya. Semetara itu, Norrington menghadiahkan jantung tersebut kepada Beckett, dan sebagai gantinya, Beckett mengembalikan jabatan dan kehormatan Norrington sebagai komodor; kini Beckett menguasai lautan.

Sisa-sisa kru Black Pearl bersama Will dan Elizabeth mengunjungi Tia Dalma. Setelah menceritakan kejadian sebelumnya, Tia menanyakan apakah mereka rela berpetualang ke ujung dunia (World's End) untuk membawa kembali Jack dan kapalnya. Semua menyetujuinya, kemudian Tia berkata bahwa mereka membutuhkan kapten yang mengetahui daerah itu. Sangat mengejutkan, ternyata kapten Black Pearl sebelumnya, Captain Barbossa yang datang dan ditunjuk sebagai kapten mereka.

Setelah kredit selesai, ada sebuah tayangan selingan yang memperlihatkan apa yang terjadi dengan anjing yang ditinggalkan di pulau kanibal. Ternyata mereka menjadikan anjing itu sebagai pemimpin suku yang baru, menggantikan Jack.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Poster film Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest dengan jadwal perilisan.
Aktor/Aktris Peran
Johnny Depp Kapten Jack Sparrow
Orlando Bloom Will Turner
Keira Knightley Elizabeth Swann
Stellan Skarsgård "Bootstrap Bill" Turner
Bill Nighy Davy Jones
Jack Davenport James Norrington
Kevin McNally Joshamee Gibbs
Jonathan Pryce Gubernur Weatherby Swann
Tom Hollander Lord Cutler Beckett
Mackenzie Crook Ragetti
Lee Arenberg Pintel
Martin Klebba Marty
Naomie Harris Tia Dalma
David Bailie Cotton
Dermot Keaney Maccus
David Schofield Mercer
Alex Norton Kapten Bellamy
Geoffrey Rush Captain Barbossa

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

2006 Teen Choice Awards[sunting | sunting sumber]

  • Pemenang, pilihan Film Layar Perak: Petualangan aksi.
  • Pemenang, pilihan Drama/petualangan aksi edisi musim panas.
  • Pemenang, pilihan Pemain terbaik: Drama/petualangan aksi, Johnny Depp
  • Pemenang, pilihan Scream, Keira Knightley
  • Pemenang, pilihan pertarungan, Will Turner vs. Commodore (Orlando Bloom & Jack Davenport)
  • Pemenang, pilihan Hissy Fit, Keira Knightley
  • Pemenang, pilihan Sleazebag, Bill Nighy
  • Nominee, pilihan aktris terbaik: Drama/petualangan aksi, Keira Knightley
  • Nominee, pilihan aktor terbaik: Drama/petualangan aksi, Orlando Bloom

Golden Trailer Awards[sunting | sunting sumber]

  • Nominee, Summer 2006 Blockbuster

64th Golden Globe Awards[sunting | sunting sumber]

  • Nominee, Penampilan terbaik dari aktor di Motion Picture: Komedi atau Musikal, Johnny Depp

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest (2006)". PIRATES OF THE CARIBBEAN: DEAD MAN'S CHEST. BOX OFFICE MOJO, LLC. Diakses 2006-12-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Walt Disney
Pirates of the Caribbean
Film Curse of the Black PearlDead Man's ChestAt World's EndOn Stranger Tides
Musik Yo Ho (A Pirate's Life for Me)Pirates of the Caribbean soundtrackCurse of the Black Pearl soundtrackDead Man's Chest soundtrackPirates Remixed
Permainan video Pirates of the CaribbeanThe Legend of Jack SparrowDead Man's ChestPirates of the Caribbean OnlinePirates of the Caribbean Multiplayer Mobile
Lokasi Port RoyalIsla de MuertaTortugaPelegostoIsla Cruces
Tokoh utama Kapten Jack SparrowWill TurnerElizabeth SwannHector BarbossaDavy JonesJames Norrington"Bootstrap Bill" Turner
Tokoh sampingan
dan makhluk-makhluk
Kapten Grant SparrowWeatherby SwannJoshamee GibbsAnamariaPintel dan RagettiCutler BeckettTia DalmaJack si monyetKrakenMinor characters
Kapal Black PearlFlying DutchmanDauntlessInterceptorEmpress
Lainnya Wahana Taman BermainKronologi ceritaEast India Trading Company