Nighi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pipistrellus)
Untuk perusahaan pesawat ringan, lihat Pipistrel.
Nighi
A small, round bat with a brown, fluffy body and small ears sits on the hand of a researcher.
Pipistrellus pipistrellus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Pipistrellus

Kaup, 1829
Spesies tipe
Vespertilio pipistrellus
Schreber, 1774
Spesies

Lihat teks

Pipistrellus atau nighi adalah sebuah genus kelelawar dalam keluarga Vespertilionidae dan sub-keluarga Vespertilioninae.[1] Nama genus tersebut berasal dari kata bahasa Italia pipistrello, yang artinya "kelelawar".

Ukuran genus telah dikurangi secara signifikan sebagai hasil penelitian pada tahun 1990an dan 2000an dengan genus seperti Arielulus, Hypsugo, Falsistrellus, Neoromicia, Parastrellus, Perimyotis, Scotozous, dan Vespadelus dipisahkan. Namun, bukti molekuler menunjukkan bahwa genus tersebut tidak monofiletik. Beberapa genus lain dalam subfamili Vespertilioninae juga telah digabungkan dengan Pipistrellus pada klasifikasi sebelumnya. Spesies dalam genus dapat disebut sebagai pipistrelle atau "nighi", meskipun istilah ini juga digunakan untuk spesies yang sekarang ditempatkan di genus lain seperti Parastrellus hesperus dan Perimyotis subflavus dari Utara Amerika. Spesies Belahan Bumi Selatan yang dipisahkan menjadi genus Falsistrellus, kadang-kadang disebut sebagai nighi palsu atau falsistrelle.[2]

Mereka agak berbeda dari kerabatnya yang jauh lebih besar, yaitu kelelawar nokturnal Nyctalus karena kemampuan terbangnya yang lemah dan berkibar-kibar yang mengingatkan pada kupu-kupu, meskipun beberapa spesies lebih langsung dalam penerbangannya.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:MSW3 Chiroptera
  2. ^ Richards, G.C.; Hall, L.S.; Parish, S. (photography) (2012). A natural history of Australian bats : working the night shift. CSIRO Pub. hlm. 159. ISBN 9780643103740.