Pieter van den Hoogenband

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pieter van den Hoogenband

Pieter Cornelis Martijn van den Hoogenband (lahir di Maastricht, Limburg, 14 Maret 1978; umur 36 tahun) adalah perenang putra Belanda dan peraih 3 gelar juara Olimpiade. Ia sekarang sedang mempertahankan rekor dunia nomor 100 m gaya bebas putra (47.84 detik).

Ia adalah anak dari Cees-Rein van den Hoogenband dan Astrid Verver, perenang Belanda terdahulu di nomor 800 m gaya bebas peraih medali perak Kejuaraan Renang Eropa, Pieter tumbuh di Geldrop, dimana ia berenang untuk PSV Eindhoven. Ayahnya adalah tim dokter dengan tim sepak bola profesional di klub yang sama. Tahun 1993, Pieter meraih sukses pertamanya, tampil di Hari Kejuaraan Olimpiade Remaja Eropa. Dahulu di Atlanta Games, Astrid van den Hoogenband, orang yang melatih tim Belanda, menjadi frustasi dengan hasil yang diperoleh perenang Belanda, perasaan mereka sangat potensial namun tidak bisa menghidupkan kewajiban mereka untuk mendukung kekurangan mereka. Lalu ia berencana melakukan aksi dengan Cees, sebagai karier dari banyaknya koneksi profesional yang ia miliki. Setelah Astrid melatih untuk memajukan Pieter dari olahraga, Cees membuat yayasan kecil dan menandai 20 inisial sponsor yang membayar $2,500 untuk mendanai pelatihan tim. Para perenang Belanda menandatangani kontrak yang ekstrem dengan Philips, Nike, dan Speedo. Cukup untuk mendanai pendirian sekolah renang di Eindhoven, di tempat kediaman van den Hoogenband. Tim tersebut tumbuh dari usia 10 tahun. Pieter menjadi bintang baru perenang Belanda, dan dengan perenang Belanda lainnya Inge de Bruijn menjadi bintang Belanda yang mempersembahkan banyak kemenangan di berbagai ajang olahraga.

Penampilan internasional pertamanya adalah pada 1996 di Atlanta. Dalam usia 18 tahun, van den Hoogenband membuat kejutan dengan finis ke- 4 di nomor 100 dan 200 m gaya bebas putra.