Pieter Johannes Veth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Veth pada tahun 1895
Veth pada tahun 1886

Pieter Johannes Veth (lahir di Dordrecht, 2 Desember 1814 – meninggal di Arnhem, 14 April 1895 pada umur 80 tahun) adalah seorang profesor geografi dan etnologi Belanda, dan merupakan ketua pertama dari Perkumpulan Geografi Kerajaan Belanda (KNAG).

Veth adalah putra dari penjual besi di Dordrecht, Hubert Veth dan Cornelia Johanna Pickee. Ia menempuh pendidikan sejak tahun 1832 hingga 1838 di Leiden. Ia adalah profesor Ethnologi Hindia Belanda di Leiden sejak tahun 1864 hingga 1876 dan profesor luar biasa di bidang sejarah, sastra, kepurbakalaan, lembaga, perilaku dan adat dari penduduk kepulauan Hindia dan geografi fisik kepulauan Indonesia di Universitas Leiden sejak tahun 1877 hingga 1885.

Veth adalah editor dari De Gids dan editor dari Tijdschrift voor Nederlandsch Indië. Ia adalah ketua dari Koninklijk Nederlands Aardrijkskundig Genootschap (Perkumpulan Geografi Kerajaan Belanda, KNAG) yang didirikan pada tahun 1873 dan juga merupakan ketua dari Vereeniging tot Nut van 't Algemeen.

Gedung Nonnensteeg Fakultas Kesenian Universitas Leiden dinamai ulang menjadi gedung P.J. Veth pada tahun 2007. Gedung ini sebelumnya merupakan rumah dari Institut Internasional untuk Studi Asia (IIAS) dan Sekolah Studi Asia, Afrika, dan Amerindian (CNWS). Sejak tahun 2016, gedung P.J. Veth sedang menjalani renovasi.

Veth dimakamkan di Essenhof di Dordrecht.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Sumber primer[sunting | sunting sumber]

  • P.J. Veth: Java, geographisch, ethnologisch, historisch. 4 vols. Haarlem, Erven F. Bohn, 1875-1884
  • Specimens from the English classics, with an introductory essay on English literature, explanatory notes, and a glossary by P.J. Veth. 2 vols. Dordrecht, Van Houtrijve & Bredius, 1840-1841.

Publikasi primer[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]