Pierre Emmanuel Damoye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pierre Emmanuel Damoye
Damoye in 1889
Lahir1847
Meninggal1916
KebangsaanPrancis
PendidikanÉcole des Beaux-Arts
Dikenal atasLukisan lanskap, Painting
Gerakan politikSekolah Barbizon
PenghargaanGold Medal Exposition Universelle (1889); Légion d'honneur in 1893

Pierre Emmanuel Damoye (20 Februari 1847 – 22 Januari 1901) adalah seniman Prancis. Ia mempelajari keahliannya di École des Beaux-Arts dan kemudian menjadi seniman lanskap terkenal dan berpengaruh yang terkenal karena langitnya yang luas, dataran bertabur pohon, dan lahan pertanian yang hidup. Dia secara teratur diakui oleh berbagai kritikus seni sebagai salah satu pewaris paling signifikan tradisi sekolah Barbizon.

Pengajar dan pengaruh[sunting | sunting sumber]

Lanskap di Musim Panas (minyak di panel)

Damoye belajar di cole des Beaux-Arts di studio Léon Bonnat, salah satu pelukis figur terkemuka dan pelukis potret akhir abad kesembilan belas. Damoye, bagaimanapun, tampaknya telah berkomitmen pada seni lanskap sejak awal karirnya. Karya-karyanya yang paling awal dari akhir tahun 1860-an juga dengan jelas mengungkapkan pengaruh Jean-Baptiste-Camille Corot dan Charles-François Daubigny, yang darinya ia memperoleh rentang warna yang lebih cerah dan lebih longgar, lebih gaya kuas 'impresionis'. Dan, meskipun dia mengetahui contoh Corot dan Daubigny, dia membangun repertoar komposisi dan situs favoritnya secara independen dari dua 'penguasa tua' lanskap sungai, sehingga mengembangkan skema warna yang sangat personal.

Dia juga salah satu seniman utama yang terkait dengan 'sekolah Pontoise', sekelompok lansekap muda yang melukis terutama di sepanjang tepi sungai Seine dan Sungai Oise, utara Paris, sering membangun rumah di Pontoise. Dia juga melukis tepi sungai dan dataran tinggi di lembah Oise dan Seine, sering bekerja di Picardy dan di seluruh lembah besar Loire. Dia juga melakukan setidaknya satu perjalanan ke pantai Normandia.

Pameran & Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Lanskap dengan Pondok Jerami

Damoye mulai memamerkan di Salon tahun 1875 dengan lanskap berjudul L'hiver, dan pada tahun 1879 ia telah memenangkan medali pertamanya, perunggu atau kehormatan kelas tiga, memulai kenaikan pesat yang luar biasa untuk seorang pelukis lanskap. Pada tahun 1884 ia menerima medali kelas dua, diikuti dengan medali emas yang sangat bergengsi di grand, centennial Exposition Universelle (1889). Dia dilantik ke dalam Légion d'honneur pada tahun 1893 dan menjadi anggota juri Salon pada tahun 1900. Meskipun diakui secara resmi, bagaimanapun, Damoye berperan penting dalam membentuk pemisahan [[Société Nationale des Beaux-Arts] ]], sebuah asosiasi pameran saingan, dan ia terus dikaitkan dengan 'Salon du Champ-de-Mars' sampai kematiannya pada tahun 1916.[1]

Kematian & Warisan[sunting | sunting sumber]

Pierre Emmanuel Damoye meninggal pada tahun 1916 dan dimakamkan di Pemakaman Père Lachaise di Paris.

Karya Damoye dapat dilihat di Musée du Louvre, Paris; Musée d'Orsay, Paris; Musée des Beaux-Arts, Bordeaux; Musée des Beaux-Arts, Troyes, Prancis; dan Museum Seni Nasional, Bukares, Rumania; Museum Seni Ateneum, Helsinki. Hasil lelang hingga 2010 termasuk penjualan di Christie's (New York, $30.000), Osenat (Paris, $11.470), Sotheby's (New York, $10.800), dan Beaussant Lefevre (Paris, $10.230).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dictionnaire des Petits Maitres de la Peinture 1820-1920, by Gerald Schurr & Pierre Cabanne, pg. 400
  2. ^ http://www.artprice.com accessed 7/29/10