Pierre-Narcisse Guérin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pierre-Narcisse, baron Guérin
Lefèvre, Robert - Pierre Narcisse Guérin.jpg
Potret Guérin oleh Robert Lefèvre, 1801
Lahir(1774-03-13)13 Maret 1774
Paris, Prancis
Meninggal6 Juli 1833(1833-07-06) (umur 59)
KebangsaanPrancis
Dikenal atasLukisan
Karya terkenalJeune fille en buste

Pierre-Narcisse, baron Guérin (13 Maret 1774 – 6 Juli 1833) adalah seorang pelukis berkebangsaan Prancis

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Seorang murid Jean-Baptiste Regnault, ia membawa salah satu dari tiga "grand prix" yang ditawarkan pada tahun 1796, sebagai akibat dari kompetisi yang tidak diadakan sejak tahun 1793. Pada tahun 1799, lukisannya "Marcus Sextus (Louvre) dipamerkan di Salon dan membangkitkan antusiasme liar. Sebagian dari ini adalah karena subjek - korban larangan Sulla kembali ke Roma untuk menemukan istrinya meninggal dan rumahnya berkabung - di mana sebuah kiasan ditemukan pada gejolak Revolusi Perancis.

Morpheus and Iris, Hermitage Museum (1811)

Guérin pada kesempatan ini secara terbuka dimahkotai oleh presiden Institut, dan pergi ke Roma untuk belajar di bawah Joseph-Benoît Suvée. Pada tahun 1800, karena tidak dapat tinggal di Roma karena kesehatannya, ia pergi ke Naples, di mana ia melukis The Shepherds in the Tomb of Amyntas. Pada tahun 1802 Guérin menghasilkan Phaedra dan Hippolytus (Louvre); pada tahun 1810, setelah kembali ke Paris, ia kembali meraih sukses besar dengan "Andromache and Pyrrhus" (Louvre); dan pada tahun yang sama juga dipamerkan Aurora dan Cephalus (Museum Pushkin) dan Bonaparte dan Pemberontak Kairo (Versailles). Lukisan-lukisan ini sesuai dengan selera populer Kekaisaran Pertama, karena sangat melodramatis dan sangat bermartabat.

Restorasi membawa penghargaan baru bagi Guérin; ia telah menerima dari konsul pertama pada tahun 1803 salib Legion of Honour, dan pada tahun 1815 Louis XVIII dinamai Académie des Beaux-Arts. Gayanya berubah sesuai dengan selera populer. Dalam Aeneas Berkaitan dengan Dido Bencana Troy (Louvre), Guérin mengadopsi gaya yang lebih sensual dan indah.

Aeneas tells Dido about the fall of Troy, 1815.

Guérin ditugaskan untuk melukis untuk Madeleine sebuah adegan dari sejarah St Louis, tetapi kesehatannya mencegahnya untuk mencapai apa yang telah dia mulai, dan pada tahun 1822 dia menerima jabatan direktur Akademi Prancis di Roma, yang pada tahun 1816 dia telah menolak. Sekembalinya ke Paris pada tahun 1828, Guérin, yang sebelumnya diangkat chevalier dari ordo St. Michel, dimuliakan. Dia sekarang berusaha untuk menyelesaikan Pyrrhus and Priam, sebuah karya yang dia mulai di Roma, tetapi sia-sia; kesehatannya akhirnya rusak, dan dengan harapan perbaikan ia kembali ke Italia dengan Horace Vernet. Tak lama setelah kedatangannya di Roma Baron Guérin meninggal, pada tanggal 6 Juli 1833, dan dimakamkan di gereja La Trinité de Monti di samping Claude Lorrain.

Sebuah potret heroik oleh Guerin tergantung di Basilika Kuil Nasional Diangkatnya Perawan Maria Diangkat ke Surga di Baltimore. Hadiah tahun 1821 dari Raja Louis XVIII dari Prancis, itu menggambarkan Keturunan dari Salib.

Murid[sunting | sunting sumber]

Banyak seniman belajar dengan Guérin, di antaranya Eugène Delacroix, Théodore Géricault, Ary dan Hendrik Scheffer.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frédéric Chappey, Les Professeurs des Beaux-Arts (1794-1873), dans : Romantisme, 1996. N°93. Templat:Pp..

Pranala luar[sunting | sunting sumber]