Philip Sidney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tuan Philip Sidney (1554-1586)

Tuan Philip Sidney (lahir 30 November 1554 - 17 Oktober 1586) adalah seorang penyair, punggawa, cendekiawan, dan tentara Inggris yang dikenang sebagai salah satu tokoh paling terkemuka di zaman Elizabeth. Karya-karyanya meliputi rangkaian soneta, Astrophel dan Stella, sebuah risalah, The Defense of Poesy (juga dikenal sebagai The Defense of Poesie atau An Apology for Poetrie ).[1]

Ia lahir di Penshurst Place, Kent. Ia menempuh pendidikan di Shrewsbury School dan Christ Church, Oxford. Dia adalah putra tertua Tuan Henry Sidney dan Lady Mary Dudley. Ibunya adalah putri tertua John Dudley, Duke of Northumberland ke-1, dan saudara perempuan Robert Dudley, Earl of Leicester ke-1. Adiknya, Mary Sidney Herbert adalah seorang penulis, penerjemah dan penyair yang menikah dengan Henry Herbert, Earl of Pembroke ke-2.[2]

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Tuan Philip Sidney lebih dikenal sebagai penyair liris Inggris terbaik pada zaman Renaisans. Ia juga dianggap sebagai pahlawan setelah kematiannya[3] Phillip Sidney menulis puisi dan prosa. Dia terkenal dengan sonetanya. Mereka diedit dalam urutan bernama Astophil dan Stella.[4] Dia juga menulis Arcadia dan The Defense of Poesy[1]. Puisi Philip Sidney diterjemahkan ke banyak bahasa, salah satunya ke dalam bahasa Ceko.[5]

Adik Philip Sidney adalah penyair dan penerjemah Mary Sidney Herbert, Countess of Pembroke (1561-1621).

Kegiatan militer[sunting | sunting sumber]

Ia memainkan peran cemerlang dalam kehidupan militer/sastra/istana yang umum dilakukan para bangsawan muda saat itu. Baik warisan keluarganya maupun pengalaman pribadinya (dia berada di rumah Walsingham di Paris selama Pembantaian Hari Santo Bartolomeus), menegaskan dia sebagai seorang Protestan yang sangat militan.

Pada tahun 1570-an, ia membujuk John Casimir untuk mempertimbangkan usulan upaya persatuan Protestan melawan Gereja Katolik dan Spanyol. Pada musim dingin tahun 1575-76 dia bertempur di Irlandia sementara ayahnya menjadi Wakil Tuan di sana.[6] Pada awal tahun 1580-an, ia tidak membuahkan hasil dalam mendukung serangan terhadap Spanyol sendiri. Dipromosikan menjadi Jenderal Horse pada tahun 1583,[6] antusiasmenya terhadap perjuangan Protestan terbebas ketika ia diangkat menjadi gubernur Flushing di Belanda pada tahun 1585. Selama di Belanda, ia secara konsisten mendorong keberanian atasannya, pamannya Robert Dudley, Earl Leicester I. Dia berhasil melakukan serangan terhadap pasukan Spanyol di dekat Axel pada bulan Juli 1586.

Akhir kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1586 dia meninggal di Arnhem akibat luka yang dideritanya dalam Pertempuran Zutphen. Surat tentang kematiannya ditulis oleh Edmund Spenser dan Michael Drayton. Dalam An Apology for Poetry or Defense of Poesie (diterbitkan tahun 1595) ia membela keutamaan puisi.

Pada tahun 1913 ada sebuah patung karya Gustaaf van Kalken sebagai mengenang Tuan Philip Sidney, yang diresmikan di Zutphen. Terletak di Coehoornsingel, di sebuah taman yang saat itu dikenal sebagai Pemakaman Inggris. Pada tahun 1795, tentara Inggris dan Hanover yang tewas saat mundur dari serangan pasukan Prancis dimakamkan.[7] Beberapa tahun kemudian sebuah jalan dinamai menurut namanya di Zutphen. Tempat di mana dia terkena pukulan fatal oleh bola musket Spanyol adalah di pintu masuk jalan setapak di Warnsveldseweg, tenggara pemakaman Katolik Roma saat ini. Ada tugu peringatan kecil di sini, yang dibuat oleh Willem Berkhemer.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • The Lady of May (1578), hiburan yang disusun untuk kunjungan Ratu.
  • The Defense of Poesy (sekitar tahun 1581), sebuah karya di mana ia menegaskan bahwa penemuan puitis menciptakan dunia yang melampaui dunia nyata.
  • Arcadia (1593), novel pastoral yang diilhami oleh Aminta du Tasse, ditulis di Wilton House menurut Paul Morand (Réflexes et Réflexions , 1939:91).
  • Astrofel dan Stella, kumpulan soneta untuk menghormati Penelope Devereux, putri Walter Devereux, Earl of Essex ke-1; koleksi ini dianggap sebagai karya utama sastra Inggris. Ada kenangan tentang Petrarch, tetapi juga perasaan. Penulis juga mengungkapkan pemberontakan sang kekasih dan penyair terhadap konvensi Petrarchisme.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sir Philip Sidney at Encyclopaedia Britannica,, Retrieved 15 October, 2016
  2. ^ https://www.britannica.com/biography/Philip-Sidney
  3. ^ Philip Sidney Bio Diarsipkan 2016-10-02 di Wayback Machine., Retrieved 15 October, 2016
  4. ^ Astrophel and Stella, Retrieved 22 January, 2007
  5. ^ Philip Sidney, Astrofel a Stella, [translated by Gustav Francl and Alois Bejblík], Odeon, Praha 1987.
  6. ^ a b "History of Parliament". Diakses tanggal 2011-10-29. 
  7. ^ Bert Fermin en Michel Groothedde, De Lunetten van Van Coehoorn, Zutphense Archeologische Publicaties 34, 2007, blz. 7