Pesanggrahan Santa Cruz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Istana Kekaisaran Santa Cruz
Istana pada tahun 1823
Kaisar menikmati pemandangan istana

Pesanggrahan Santa Cruz adalah bekas tempat peristirahatan negara kekaisaran di Santa Cruz, Rio de Janeiro. Awalnya merupakan pesanggrahan dan biara Yesuit yang berasal dari tahun 1570, kemudian menjadi kediaman raja muda Portugis di Brasil pada akhir abad ke-18. Ketika Raja John VI dan keluarga kerajaan memindahkan istana ke Brasil pada tahun 1808, istana tersebut menjadi kediaman kerajaan. Setelah raja kembali ke Portugal, Wali Pangeran Pedro I terus menggunakan istana. Setelah pernikahannya dengan putri Leopoldina pada tahun 1818, mereka menghabiskan bulan madu di istana. Pesanggrahan tersebut menjadi salah satu istana kekaisaran dengan kemerdekaan Brasil pada tahun 1822. Kaisar Pedro II kemudian menggunakan istana tersebut sebagai tempat tinggal musim panas.

Menyusul proklamasi republik pada tahun 1889, istana diubah menjadi sekolah militer, dan terus berfungsi sebagai akademi hingga saat ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Freitas, Benedicto. Santa Cruz-Fazenda Jesuítica, Real e Imperial. Volumes I, II e III. Rio de Janeiro, Asa Artes Gráficas: 1985.
  • Gama, José de Saldanha da. História da Imperial Fazenda de Santa Cruz. Revista do IHGB - Tomo 38

Pranala luar[sunting | sunting sumber]