Perutean bawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalam contoh bawang merah ini, sumber data mengirimkan bawang merah ke Router A, yang menghilangkan lapisan enkripsi untuk mengetahui ke mana harus mengirim berikutnya dan dari mana asalnya (meskipun tidak tahu apakah pengirimnya adalah pengirim asal atau hanya simpul lain). Router A mengirimkannya ke Router B, yang mendekripsi lapisan lain untuk mengetahui tujuan berikutnya. Router B mengirimkannya ke Router C, yang menghapus lapisan terakhir enkripsi dan mengirimkan pesan asli ke tujuannya.

Perutean bawang adalah teknik untuk komunikasi anonim melalui jaringan komputer. Dalam jaringan bawang, pesan dienkapsulasi dalam lapisan enkripsi, analog dengan lapisan-lapisan bawang. Data Enkripsi yang dienkripsi ditransmisikan melalui serangkaian simpul jaringan yang disebut router bawang', yang masing-masing "mengupas" satu lapisan, mengungkapkan tujuan data berikutnya. Ketika lapisan terakhir didekripsi, pesan tiba di tujuannya. Pengirim tetap anonim karena setiap perantara hanya mengetahui lokasi dari node sebelum dan sesudahnya.[1] Meskipun perutean bawang memberikan tingkat keamanan dan anonimitas yang tinggi, ada beberapa metode untuk mematahkan anonimitas teknik ini, seperti analisis waktu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goldschlag D., Reed M., Syverson P. (1999.) Onion Routing for Anonymous and Private Internet Connections, Onion Router.
  2. ^ Soltani, Ramin; Goeckel, Dennis; Towsley, Don; Houmansadr, Amir (2017-11-27). "Towards Provably Invisible Network Flow Fingerprints". 2017 51st Asilomar Conference on Signals, Systems, and Computers. hlm. 258–262. arXiv:1711.10079alt=Dapat diakses gratis. doi:10.1109/ACSSC.2017.8335179. ISBN 978-1-5386-1823-3.