Pertempuran Talavera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertempuran Talavera
Bagian dari Perang Kemerdekaan Spanyol
Battle-of-talavera-28th-july-1809-william-heath.png
Lukisan The Battle of Talavera de la Reina (Pertempuran Talavera) oleh William Heath
Tanggal27–28 Juli 1809
LokasiTalavera, barat daya Madrid, Spanyol
Hasil Kemenangan bagi Taktisi Anglo-Spanyol [1][2]
Kemenangan Strategi Prancis[3]
Pihak terlibat
Bendera Britania Raya Inggris
Flag of Spain (1785–1873, 1875–1931).svg Spanyol
Bendera Prancis Kekaisaran Prancis
Tokoh dan pemimpin
Bendera Britania Raya Arthur Wellesley
Bendera Spanyol Gregorio de la Cuesta
Bendera Prancis Joseph Bonaparte
Bendera Prancis Jean-Baptiste Jourdan
Kekuatan

55,634:

  • 20,641 Britania Raya,[4]
    30 meriam
  • 34,993 Spanyol,[4]
    30 meriam
46,138,[5]
80 meriam
Korban
Inggris - 6, 268[3]
Spanyol - 1,200[3]
Prancis - 7,389[3]

Pertempuran Talavera (27-28 Juli 1809) terjadi di luar kota Talavera de la Reina, Spanyol sekitar 120 kilometer (75 mil) barat daya Madrid, selama Perang Kemerdekaan Spanyol. Di Talavera, tentara Anglo-Spanyol di bawah Sir Arthur Wellesley dikombinasikan dengan tentara Spanyol di bawah Jenderal Cuesta dalam operasi melawan Madrid yang diduduki Prancis. Tentara Prancis mundur pada malam hari setelah beberapa serangannya telah berhasil dipukul mundur.

Setelah tentara Prancis di bawah pimpinan Marsekal Soult mundur dari Portugal, 20.000 tentara Inggris pimpinan Jenderal Wellesley maju ke Spanyol untuk bergabung dengan 33.000 tentara Spanyol di bawah pimpinan Jenderal Cuesta. Mereka menyusuri lembah Tagus ke Talavera, sekitar 120 kilometer (75 mil) barat daya Madrid. Di sana mereka menemui 46.000 orang Prancis di bawah Marsekal Claude Victor dan Mayor Jenderal Horace Sebastiani, dengan raja Spanyol berdarah Prancis, Joseph Bonaparte dalam perintah yang diberikan.

Orang Prancis melintasi Alberche sore harinya pada tanggal 27 Juli. Beberapa jam kemudian, Prancis menyerang Spanyol dari sisi kanan dan Inggris di sisi kiri Alberche. Sebuah bukit benteng strategis diambil alih, sampai akhirnya Inggris mempertahankannya dengan kokoh. Pada fajar pada tanggal 28 Juli, Prancis menyerang tentara Inggris lagi untuk merebut kembali bukit tersebut dan dipukul mundur ketika barisan ke-29 dan barisan ke-48 yang berada di balik puncak berdiri dan melakukan serangan menggunakan bayonet. Sebuah meriam Prancis terus menembak yang berlangsung sampai siang hari ketika gencatan senjata yang dinegosiasikan selama dua jam dimulai. Siang itu, sebuah tembakan mematikan meriam dimulai dari pertempuran infantri dan kavaleri. Di awal malam, sebuah perjanjian penting mengakibatkan Prancis tertahan. Sebuah duel meriam berlanjut sampai gelap. Pada siang hari, Inggris dan Spanyol menemukan bahwa sebagian besar pasukan Prancis telah pensiun, meninggalkan mereka yang terluka dan dua brigade artileri di lapangan. Wellesley dinobatkan dengan gelar "Viscount Wellington of Talavera" dan gelar Wellington untuk aksi tersebut[6].

Gerakan Awal[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 27 Juli, Wellesley mengirimkan Divisi ke-3 dan beberapa kavaleri di bawah komando George Anson untuk menutupi mundurnya Cuesta ke posisi Talavera. Tapi ketika kavaleri Anson secara keliru ditarik ke belakang, Prancis bergegas untuk mengejutkan dan menimbulkan lebih dari 400 korban pada brigadir Rufane Donkin, memaksa mereka untuk mundur. Malam itu, Victor mengirim divisi pimpinan Ruffin untuk merebut bukit yang dikenal sebagai Cerro de Medellín dalam sebuah kudeta utama. Dua dari tiga resimen Ruffin tersesat dalam kegelapan, namun Infantri Penerang ke-9 mengarahkan brigadir KGL Sigismund Lowe (Divisi 1) dan mendorong mereka maju untuk mengamankan dataran tinggi. Secara waspada, Hill mengirim brigadir Richard Stewart (Divisi 2) dalam sebuah serangan balik yang membuat orang Prancis pergi. Inggris menderita dengan jatuhnya sekitar 800 korban pada tanggal 27 Juli tersebut.

Menjelang malam tanggal 27, skuat Dragoon Prancis bergerak mendekati posisi Spanyol dengan menembaki karabiner mereka yang merupakan pos tim penembak jitu Spanyol. Tiba-tiba, tanpa perintah, seluruh pasukan Spanyol arahan Cuesta menembakkan tembakan salvo yang menggelegar kepada pasukan Dragoon Prancis. Posisi pihak Prancis berada di luar jangkauan tembakan pihak Spanyol, dan hanya sedikit kerugian yang mereka peroleh. Empat batalion Spanyol melemparkan senjata mereka kemudian melarikan diri dengan panik. Wellesley menulis, "Hampir 2.000 orang berlari pada malam hari tanggal 27 ... (tidak 100 yard dari tempat saya berdiri) yang tidak diserang, juga tidak diancam dengan sebuah serangan, dan yang ketakutan oleh kebisingan tembakan mereka sendiri; mereka meninggalkan senjata dan perlengkapan di lapangan, petugas mereka pergi bersama mereka, dan mereka ... menjarah bagasi tentara Inggris yang telah dikirim ke belakang"[7]. Sementara sebagian besar pasukan panik untuk dibawa kembali, banyak hingga ratusan prajurit terus melarikan diri, mengambil beberapa eselon belakang Inggris bersama mereka[8].

Pihak yang Terlibat[sunting | sunting sumber]

Tentara Gabungan[sunting | sunting sumber]

Pasukan Inggris pimpinan Wellesley terdiri dari empat divisi infantri, tiga brigade kavaleri dan 30 meriam, yang berjumlah 20.641 tentara[9]. Infanteri tersebut termasuk Divisi 1 yang dipimpin John Coape Sherbrooke (6.000), Divisi 2 yang dipimpin oleh Rowland Hill (3.900), Divisi 3 yang dipimpin oleh Alexander Mackenzie (3.700) dan Divisi ke 4 (3.000) yang dipimpin Alexander Campbell. Henry Fane memimpin sebuah brigade kavaleri berat (1.100), sementara Stapleton Cotton (1.000) dan George Anson (900) memimpin brigade kavaleri ringan. Ada tiga pemasok senjata meriam Inggris (RA: Kongsi Lawson, Kongsi Sillery, Kongsi Elliot) dan dua pemasok meriam King's German Legion (KGL) (Rettberg, Heise) dengan masing-masing enam senapan.

Pasukan Spanyol pimpinan Cuesta yang berjumlah 35.000[10] dibagi menjadi lima infantri dan dua divisi kavaleri, ditambah sekitar 30 artileri, serta beberapa senjata bobot 12 lb. 28.000 infanteri berada di Divisi 1 pimpinan José Pascual de Zayas y Chacón (7 batalion) dan Vanguard/ barisan terdepan (5 batalion), Divisi 2 pimpinan Iglesias (8 batalion), Divisi 3 pimpinan Portago (6 batalion), Divisi 4 pimpinan Manglano (8 batalion) dan Divisi 5 pimpinan Juan Procopio Bassecourt y Bryas (7 batalion). Henestrosa dan Duke of Alburquerque memimpin 6.000 penunggang kuda dari Divisi Kavaleri 1 dan 2 dan ada 800 orang prajurit artileri.

Tentara Prancis[sunting | sunting sumber]

Sementara Joseph secara nominal memimpin Angkatan Darat Prancis, penasihat militernya Marsekal Jean-Baptiste Jourdan benar-benar melaksanakan komando atas 37.700 infanteri dan prajurit artileri mereka, 8.400 kavaleri, dan sekitar 80 meriam[11].

Korps I pimpinan Victor termasuk divisi infanteri pimpinan François Amable Ruffin (5,300), Pierre Belon Lapisse (6.900) dan Eugene-Casimir Villatte (6.100), ditambah brigade kavaleri ringan 1.000 orang yang dipimpin Chryquelle Beaumont.

Korps IV pimpinan Sebastiani terdiri dari divisi infantri sendiri (8.100), Jean-Baptiste Cyrus de Valence (1.600) dan Jean François Leval dengan divisi Jerman-Belanda (4.500). Christophe Antoine Merlin[12] memimpin brigade kavaleri ringan Korps IV (1.200).

Marie Victor de Fay, marquis de Latour-Maubourg (3.300) dan Édouard Jean Baptiste Milhaud (2.350) memerintahkan dua divisi dragoon berat di Kavaleri Cadangan.

Garnisun Madrid termasuk bagian dari divisi yang dipimpin Jean-Joseph, Marquis Dessolles (3.300), Pengawal Kaki Raja Spanyol (1.800) dan dua resimen kavaleri (700).

Posisi[sunting | sunting sumber]

Di pagi hari, bisa dilihat bahwa sebagian besar pasukan Cuesta memegang hak sementara Inggris membentuk bagian kiri. Hak Spanyol itu berlabuh di kota Talavera di Sungai Tagus dan mengikuti arus Portina. Di tengah kota Inggris telah membangun sebuah bangunan yang bisa diperbaiki, yang didukung oleh Divisi 4 dan di mana mereka meletakkan empat meriam baterai ringan berbobot 3 lb. Selanjutnya ke kiri, bukit Medellín dijaga oleh Divisi 1, dengan Divisi 2 ke kiri. Divisi 3 ditambah kavaleri Fane dan Cotton membentuk kavaleri cadangan. Di paling kiri, divisi Spanyol Bassecourt diposisikan di tempat yang tinggi di dekat Sierra de Segurilla. Brigadir Anson menutupi lembah antara Medellín dan Segurilla, didukung oleh penunggang kuda Spanyol Alburquerque.

Joseph dan Jourdan mengumpulkan Korps I Victor di sebelah kanan Prancis, memegang bukit Cerro de Cascajal. Korps IV Sebastiani memegang pusat tersebut, sementara Latour-Maubourg dan Garnisun Madrid berdiri di dalam kavaleri cadangan. Di sebelah kiri Prancis, penunggang kuda Milhaud menghadapi hampir seluruh tentara Spanyol. Berlawanan dengan Medellín, keluarga Cascajal itu dilengkapi dengan 30 meriam Prancis.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Victor mendesak atasannya untuk melakukan serangan besar-besaran, namun Joseph dan Jourdan memilih untuk menangkis posisi Anglo-Spanyol. Saat fajar, senapan di Cascajal terbuka, menyebabkan beberapa kerugian di antara infantri Inggris terbentuk di tempat terbuka. Setelah mempelajari dengan keras tentang kekuatan destruktif artileri Prancis, Wellesley segera menarik tentaranya kembali ke tempat berlindung.

Sekali lagi, divisi Ruffin menyerang Medellín. Masing-masing batalyon dibentuk dalam kolom pembagian dengan lebar dua pemasok dan tiga pengatur siasat. (Batalion Prancis baru-baru ini telah mengatur ulang barisan pemasok meriamnya menjadi enam.) Masing-masing tiga batalion resimen maju berdampingan hanya dengan celah kecil di antara unit-unit yang ada. Ini akan membuat setiap serangan resimen sekitar 160 amunisi dan sembilan peringkat dalam. Ketika Ruffin pasukan masuk dalam jangkauan efektif, Inggris muncul dari penutup dalam dua garis yang bertumpang tindih dengan kolom Prancis. Tergelincir oleh serangan dari depan dan samping, dan dengan enam barisan belakang mereka yang tidak mampu menembak, kolom Prancis terpecah dan menyingkir.

Victor memindahkan Ruffin yang selamat ke kanan melawan Segurilla dan mendukung mereka dengan salah satu brigade Villatte. Lapisse, Sebastiani dan Leval (dari kanan ke kiri) kemudian melancarkan serangan frontal melawan Divisi 1 dan 4 Inggris. Orang-orang Alexander Campbell dan Spanyol (terutama: Levalry Regiment El Rey) pimpinan Leval, masuk menyerang lebih dulu. Lapisse dan Sebastiani kemudian maju dalam dua garis dengan menggunakan kolom resimen yang sama dengan yang dibentuk oleh Ruffin. Brigadir Garda Henry Campbell (Divisi 1) mengarahkan resimen Prancis di hadapan mereka, kemudian terkena tuntutan. Berjalan ke garis kedua Prancis dan tembakan artileri yang intens. Pasukan penjaga dan pasukan Jerman bersama mereka diserang pada giliran berikutnya, membuat kehilangan 500 orang, dan membawa brigadir Cameron bersama mereka. Melihat pengawal dan pusat pertahanannya telah rusak[13], Wellesley secara pribadi membawa Barisan ke-48 untuk menutup lubang yang disebabkan oleh penyebaran divisi Sherbrooke. Didukung oleh brigadir Mackenzie (Divisi 3), barisan ke-48 mematahkan serangan lini kedua Prancis saat Garda tersebut bangkit di belakang. Lapisse terluka parah.

Peta strategi serangan akhir yang dilakukan oleh Prancis

Setelah serangan utama Prancis berhasil dikalahkan, Victor membawa orang-orang Ruffin ke lembah antara Medellín dan Segurilla. Brigadir kavaleri Anson diperintahkan untuk mengusir mereka kembali. Sementara KGL Hussar pertama maju dengan kecepatan terkendali, pasukan Dragoon Penerang ke-23 segera berbelok. Unit yang tidak disiplin itu berlari menuju lembah yang tersembunyi, membawa banyak kuda. Penunggang kuda yang membersihkan rintangan itu dengan mudah ditangkis oleh infantri Prancis, dibentuk dengan formasi kotak. Pasukan Dragoon Penerang ke-23 menyusun kekuatan dalam formasi kotak dan membajak kavaleri Beaumont, yang disusun di belakang Ruffin. Para Dragoon Inggris kehilangan 102 orang yang terbunuh dan terluka dan yang lainnya ditangkap sebelum mereka memotong jalan mereka. Setelah pertempuran, resimen yang dirusak harus dikirim kembali ke Inggris untuk diperbaiki. Namun, ini mengakhiri serangan Prancis pada hari itu. Joseph dan Jourdan gagal menggunakan prajurit dan senjata cadangan mereka, yang membuat mereka dikritik keras oleh Napoleon.

Hasil Akhir[sunting | sunting sumber]

Pihak Prancis, dalam pertempuran keras ini, kehilangan 7.389 jiwa: 944 orang terbunuh, 6.294 terluka, 156 ditawan[3]. Dari pihak tentara gabungan, mereka kehilangan lebih banyak: 7.468 jiwa. Korban jiwa pihak Spanyol sekitar 1.200[14] dan korban jiwa pihak Inggris adalah 6.268, termasuk 800 orang terbunuh, selama dua hari pertempuran[3][15]. Ini sekitar 25% dari kekuatan Inggris, dibandingkan dengan hanya 18% orang Prancis, meskipun jelas bahwa beban serangan Prancis jatuh ke tangan Inggris. Banyak yang terluka di kedua belah pihak terbakar sampai mati saat rumput kering di medan perang terbakar. Keesokan harinya, 3.000 infantri Divisi Penerangan memperkuat tentara Inggris setelah menyelesaikan perjalanan yang terkenal sejauh 42 mil (68 km) dalam 26 jam.

Sementara itu, Marsekal Soult menuju ke selatan, mengancam akan memotong Wellesley dari Portugal. Berpikir bahwa kekuatan Prancis hanya sekitar 15.000, Wellesley pindah ke timur pada tanggal 3 Agustus untuk memblokirnya, menyebabkan 1.500 orang terluka dalam perawatan orang Spanyol. Gerilyawan Spanyol menangkap sebuah pesan dari Soult kepada Joseph bahwa Soult memiliki 30.000 orang dan membawanya ke Wellesley. Komandan Inggris, yang menyadari bahwa jalur retretnya akan dipotong oleh pasukan Prancis yang lebih besar, mengirim Brigade Ringan dalam pergerakan cepat menuju jembatan di atas Sungai Tagus di Almaraz. Infanteri ringan sampai di sana pada tanggal 6 Agustus, tepat di depan Soult. Pada tanggal 20 Agustus, semua pasukan Inggris telah ditarik melintasi pegunungan dan selama enam bulan berikutnya, sampai 27 Februari 1810, pasukan Wellesley tidak ikut campur dalam pertempuran keras di Spanyol selatan dan di sepanjang perbatasan Portugal[16], meskipun ada banyak undangan dari Spanyol. Orang Spanyol juga telah menjanjikan persediaan makanan kepada Inggris jika mereka maju kembali untuk Spanyol, tapi Wellington, dengan tentara yang tidak mampu tinggal di luar daerah seperti orang Prancis dan tanpa transportasi sendiri, tidak mempercayai sekutunya untuk menyediakan hal-hal penting ini dan membuat alasan dengan menyalahkan Spanyol atas berbagai kekurangan dari pemerintahan dan tentara mereka[17]. Dalam proses mundur ini, Inggris meninggalkan hampir semua barang bawaan dan amunisi mereka serta artileri yang diambil dari pihak Prancis di Talavera[18].

Spanyol membuat upaya lain untuk merebut kembali Madrid, dengan Wellesley masih menolak untuk berpartisipasi, dan akhirnya mereka kalah telak dalam pertarungan Ocaña pada bulan November 1809.

Sejarawan Charles Oman, dalam buku edisi II Sejarah Perang Kemerdekaan Spanyol, menyebut kampanye Talavera sebagai kegagalan bagi sekutu Anglo-Spanyol, menempatkan berbagai kesalahan pada pihak Spanyol sambil menolak banyak kritik terhadap Wellesley dan Inggris, yang menunjukkan bahwa ada tidak ada alasan untuk membayangkan konsentrasi pasukan Prancis yang menentang mereka[19]. Oman juga mengaitkan beberapa kegagalan ketidaktahuan Wellesley terhadap kondisi di Spanyol pada saat itu. Pada awal kampanye Wellington menerima ketentuan yang dijanjikan sementara orang Prancis[20] dan Spanyol menderita kekurangan persediaan makanan yang parah. Ia mengeluh lebih banyak tentang kegagalan orang Spanyol untuk menyediakan transportasi untuk ketentuan-ketentuan tersebut daripada makanan yang menghubungkan hal ini dengan kejahatan pihak Spanyol, yang tampaknya tidak menyadari bahwa tidak ada transportasi yang bisa didapat untuk tentara manapun di wilayah tersebut.

Setelah pertempuran ini Wellesley dinobatkan dengan gelar "Viscount Wellington of Talavera".

Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Talavera adalah setting tempat untuk Sharpe's Eagle, buku pertama yang ditulis dalam seri "Sharpe" karya Bernard Sharwell, dan kemudian digarap kembali dalam adaptasi film dengan nama yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gates, p. 185, calls it a Pyrrhic victory.
  2. ^ Gash, Norman, Wellington: Studies in the Military and Political Career of the First Duke of Wellington. Manchester University Press, 1990, ISBN 0-7190-2974-0, p. 95, "Talavera had been a Pyrrhic victory and the campaign strategy had failed."
  3. ^ a b c d e f Napier, p. 218.
  4. ^ a b Gates, p. 490-491.
  5. ^ Gates, p. 492, Oman, p. 648.
  6. ^ Holmes, p. 142.
  7. ^ Gurwood, The Dispatches, V, p.85
  8. ^ Napier, p. 215, says 6,000 Spanish troops did not return for the battle and there were no cannon in the redoubt.
  9. ^ Gates, p. 490-491, Oman, p. 646.
  10. ^ Oman, p. 647.
  11. ^ Gates, p.182.
  12. ^ Mullié, C. (Prancis) Biographie des célébrités militaires des armées de terre et de mer de 1789 à 1850/M (Biography). Retrieved 1 September 2013.
  13. ^ Fortescue, p. 248.
  14. ^ Oman, p. 513-514. 4 battalions of Spanish troops ran off the evening of the 27th and on the 28th "... many hundreds were still missing...".
  15. ^ Oman, p. 651, agrees closely with Napier on individual returns, differing on total giving 5,363 (Napier's total of individual return is 5,365). Napier does not explain his total of 6,268 but says specifically that the British lost 5,422 on the second day, leaving 846 lost on the 27th. Oman gives 832 lost on 27th and 4,521 on the 28th (Oman's states his total as 5,363 it is actually 5,353).
  16. ^ Oman, vol. III, p. 2.
  17. ^ Oman, vol. III, p. 5.
  18. ^ Napier, p. 226.
  19. ^ Oman, vol. II, p. 478-480, "The failure of the Talavera campaign ...". Also Napier, p.228.
  20. ^ Oman, p. 459.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Chandler, David (1979). Dictionary of the Napoleonic Wars. New York: Macmillan. ISBN 0-02-523670-9. 
  • Field, Andrew (2006). Talavera: Wellington's First Victory in Spain. Barnsley: Pen & Sword Military. ISBN 1-84415-268-5. 
  • Fortescue, John William (1912). A History of The British Army. Vol VI 1807–1809: Vol. VII. London: MacMillan & Co., Ltd. [1]
  • Gates, David (2001). The Spanish Ulcer: A History of the Peninsular War. Cambridge, MA: Da Capo Press. ISBN 0-306-81083-2. 
  • Glover, Michael (1974). The Peninsular War 1807–1814. Hamden, CT: Archon. ISBN 0-208-01426-8. 
  • Gurwood, Lt. Col. (1837). The Dispatches of the Field Marshal the Duke of Wellington during the various campaigns in India, Denmark, Portugal, Spain, The Low Countries, and France, from 1799 to 1818. London. 
  • Holmes, Richard. (2003). Wellington: The Iron Duke, HarperCollins: New Ed edition
  • Leslie, John H. (1908). 'Some Remarks concerning the Royal Artillery at the Battle of Talavera', Journal of the Royal Artillery, Vol. XXXIV, No. 11 February 1908.
  • Oman, Charles (1993) [1913]. Wellington's Army 1809–1814. London: Oxford Press. ISBN 0-947898-41-7. 
  • Oman, Charles (1903). A History of the peninsular war: Volume II. Oxford: Clarendon Press. 
  • Oman, Charles (1908). A History of the peninsular war: Volume III. Oxford: Clarendon Press. 
  • Napier, William. History of the war in the Peninsula and the south of France, from the year 1807 to the year 1814 (1873) New York: D. & J. Sadlier. [2]
  • Zimmermann, Dick. (1983). "The Battle of Talavera". Wargamer's Digest magazine, July 1983.
  • Weller, Jac (1969). Wellington in the Peninsula, 1808–1814. London: Nicholas Vane. 

Koordinat: 39°58′N 4°50′W / 39.967°N 4.833°W / 39.967; -4.833