Alexander Campbell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alexander Campbell around 1855

Alexander Campbell adalah pemimpin awal gerakan keagamaan yang telah disebut sebagai Gerakan Restorasi, atau gerakan Stone-Campbell.[1] Gerakan diawali dengan publikasi ayahnya Thomas Campbell pada tahun 1809 di Washington County, Pennsylvania, dari Deklarasi.[1] Pada tahun 1832 kelompok reformis yang dipimpin oleh Campbell bergabung dengan kelompok serupa yang dimulai di Kentucky dibawah kepemimpinan Barton W. Stone.[1] Alexander Campbell lahir pada 12 September 1788 di County Antrim, Irlandia.[1] Orang tuanya adalah Thomas Jane Corneigle Campbell dan Campbell.[1] Dari Keturunan Skotlandia-Irlandia, ia dididik di Universitas Glasgow, di mana dia sangat dipengaruhi oleh filsafat Pencerahan Skotlandia.[2] Dia juga dipengaruhi oleh filsuf John Locke,Inggris.[2] Pada usia 21, Alexander beremigrasi ke Amerika Serikat dengan ibunya dan saudara dari Skotlandia, untuk bergabung dengan ayahnya Thomas, yang berimigrasi di sana pada 1807.[2] Mereka berlayar dari Skotlandia pada tanggal 3 Agustus 1809 dan mendarat di New York pada tanggal 29 September, kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Philadelphia.[2] Alexander ditahbiskan oleh Gereja Brush Run pada 1 Januari 1812.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.34-35.
  2. ^ a b c d e (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.178.